Kloter Terakhir Embarkasi Surabaya Berangkat, Khofifah: Semoga Jadi Haji Mabrur

Sabtu, 24 Juni 2023 - 09:02 WIB
loading...
Kloter Terakhir Embarkasi Surabaya Berangkat, Khofifah: Semoga Jadi Haji Mabrur
Jemaah haji kolter terakhir embarkasi Surabaya telah berangkat ke Tanah Suci.
A A A
SURABAYA - Kloter terakhir calon jemaah haji (calhaj) Embarkasi Surabaya telah diberangkatkan pada Jumat (23/6/2023) sore. Jemaah haji yang berangkat di kloter-kloter terakhir ini telah mengenakan baju ihram sejak dari asrama haji.

Sebab, setibanya di Bandara King Abdul Aziz Jeddah para jemaah langsung menuju Makkah untuk menunaikan ibadah umroh wajib atau tawaf qudum. Para jemaah haji ini posisinya menjalankan haji tamattu' yaitu ibadah haji yang diawali dengan ibadah umroh.

Orang nomor satu di Jatim mengajak semua warga Jawa Timur mendo'akan agar seluruh jemaah haji asal Jawa Timur dan jama'ah haji Indonesia pada umumnya sehat, lancar dan mabrur. "Hari ini empat kloter terakhir berjumlah 1.411 orang telah berangkat dari embarkasi Surabaya. Alhamdulillah semua lancar dan sehat,” tegasnya.

Baca juga: Kisah Pertarungan 2 Santri Jombang Surontanu Lawan Joko Tulus karena Beda Prinsip

Khofifah mengatakan, dengan keberangkatan empat kloter terakhirini, artinya seluruh jemaah embarkasi Surabaya telah berangkat ke tanah suci. Dia berharap seluruh jemaah bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dengan khusyu'. "Semoga seluruh rangkaian ibadah haji dapat diikuti, dijalankan dengan sebaik-baiknya dan insyaallah menjadi haji yang mabrur. Amin," tutupnya.

Sementara itu, sebanyak 99.211 jemaah calhaj gelombang II yang tergabung dalam 258 kloter terbang telah tiba di Bandara King Abdul Aziz International Airport, Jeddah. Jemaah tersebut selanjutnya diberangkatkan ke Makkah untuk menjalankan umrah wajib.

Total kedatangan jemaah calhaj Indonesia di Arab Saudi sebelum Closing Date berjumlah 203.512 orang atau 531 kelompok terbang. “Data tersebut dikutip dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) tanggal 22 Juni 2023, pukul 24.00 WIB,” terang Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)