Ganjar Gerak Cepat Hadapi El Nino, Perintahkan OPD Jaga Kebutuhan Masyarakat hingga Optimalisasi Dana Desa

Rabu, 21 Juni 2023 - 19:11 WIB
loading...
Ganjar Gerak Cepat Hadapi El Nino, Perintahkan OPD Jaga Kebutuhan Masyarakat hingga Optimalisasi Dana Desa
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memerintahkan OPD untuk benar-benar serius mempersiapkan mitigasi dampak dari El Nino. Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk benar-benar serius mempersiapkan mitigasi dampak dari El Nino. Ganjar tidak ingin kebutuhan masyarakat terganggu akibat El Nino.

"Setiap OPD betul-betul menyiapkan diri masing-masing agar kita bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada. Jadi ini kita siapkan rencana aksi, mitigas tesiko dari dampak El Nino," ujar Ganjar, Rabu (21/6/2023).



Ganjar juga mengajak masyarakat untuk turut terlibat dalam mitigasi kekeringan di Jateng. Salah satunya dengan menjaga produksi pertanian tanaman pangan rumah tangga.



"Kita minta satu menjaga produksi pertanian pangan dan kita mendorong rumah tangga-rumah tangga juga untuk menanam sendiri. Terus kemudian perikanan, peternakan, perkebunan kita siapkan," ujarnya.

Lebih lanjut, Bacapres PDIP ini berkata langkah mitigasi ini berdasarkan pengalaman dari kemarau El Nino yang melanda Jateng tahun 2019 lalu selama 9 bulan.

Dampak-dampak di wilayah rawan kekeringan seperti Brebes, Tegal, Demak, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Wonogiri pun telah disiapkan.



"Peta perkiraan puncak kemaraunya itu antara Juli dan Agustus. Tapi kita mesti lihat kalau El Nino-nya bisa lebih panjang maka akan cukup berbahaya. Peta bahaya kekeringannya sudah kita petakan semuanya," kata Ganjar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)