Tinjau Lokasi Tol Padang-Sicincin, Menteri Hadi Optimistis Akan Segera Beroperasi

Rabu, 21 Juni 2023 - 12:06 WIB
loading...
Tinjau Lokasi Tol Padang-Sicincin, Menteri Hadi Optimistis Akan Segera Beroperasi
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto saat mengunjungi lokasi pembangunan jalan Tol Padang-Sicincin. Foto/Ist
A A A
PADANG - Pembangunan jalan Tol Padang-Sicincin yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau akan dipercepat. Hal ini dikatakan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto saat mengunjungi lokasi pembangunan jalan Tol Padang-Sicincin, Selasa (20/6/2023).


Dalam kunjungan ini, dia pun sempat menyusuri jalan tol tersebut untuk meninjau dari progres pembangunan jalan Tol Padang-Sicincin. Menteri juga menerima laporan proses pembangunan dari Hutama Karya selaku pihak yang melakukan pembangunan fisik tol. Baca juga: Senin Pagi, Sejumlah Ruas Tol ke Arah Jakarta Macet

"Saat ini saya on the spot Tol Padang-Sicincin yang sepanjang 36,6 Kilometer. Untuk urusan Penlok (penetapan lokasi) satu dan dua sudah selesai, tidak ada masalah. Tinggal satu lagi untuk exit di daerah Lubuk Alung," kata Menteri Hadi dalam keterangannya, Rabu (21/6/2023).

Menteri ATR/Kepala BPN pun berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah bergotong royong dalam merealisasikan pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin ini. Melihat progres pembangunan jalan, Hadi Tjahjanto mengatakan, pihaknya optimistis tol ini bisa segera beroperasi.

Untuk tahapan selanjutnya, Menteri Hadi menerangkan, pihaknya tengah menunggu penetapan lokasi (penlok) dari pemerintah daerah. Apabila penlok sudah ditetapkan, barulah Kementerian ATR/BPN bisa melakukan pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol.

Disampaikannya bahwa gubernur juga mendukung untuk segera mengeluarkan penlok dan Kementerian ATR/BPN juga akan mendukung untuk melakukan pengadaan tanah. "Kita akan keroyok, dari Komisi II DPR RI mengawasi, kita bekerja, Pemda mengeluarkan penlok, PUPR bekerja siang malam. Insyaallah Lebaran 2024 selesai," ungkap Menteri Hadi.

Sebagai informasi, proyek jalan tol yang ada di Sumatera Barat ini ditargetkan dapat menghubungkan sisi barat provinsi yakni Kota Padang dengan batas timur provinsi Kabupaten Lima Puluh Kota yang kemudian terhubung hingga kota Pekanbaru, Riau.

Turut hadir pada kesempatan ini, Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus dan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah. Mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN dalam kegiatan ini, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatera Barat, Sri Puspita Dewi beserta jajaran Foruk Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Barat.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3439 seconds (0.1#10.140)