Bupati Irsyad Apresiasi Perusahaan yang Mendukung Pembangunan Pasuruan

Minggu, 18 Juni 2023 - 08:30 WIB
loading...
Bupati Irsyad Apresiasi Perusahaan yang Mendukung Pembangunan Pasuruan
Bupati Irsyad Yusuf menyerahkan penghargaan Pasuruan Maslahat Award 2023 untuk Peduli Keanekaragaman Hayati dan Inisiator Pembayaran Jasa Lingkungan kepada Kepala Pabrik AQUA Pandaan Mohammad Fahroni.
A A A
PASURUAN - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf memberi apresiasi semua elemen yang mendukung pembangunan Pasuruan baik dari sisi sosial, ekonomi dan lingkungan. Penerima apresiasi ini adalah aparatur negara, akademisi, media, tokoh masyarakat dan keagamaan serta perusahaan.

Penerima apresiasi untuk kategori lingkungan adalah AQUA Pandaan dan AQUA Keboncandi. Kedua perusahaan ini menerima award di Ghara Maslahat, Jumat (16/6/2023).

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menegaskan, pembangunan bisa sukses apabila mendapat dukungan dari semua pihak. “Kami mengapresiasi peran serta semua elemen masyarakat yang turut berpartisipasi aktif dalam suksesnya pembangunan di Pasuruan”, kata Gus Irsyad, panggilannya.

Baca juga: Mahasiswa di Malang Raih Emas di Ajang Kejuaraan Taekwondo Internasional

“Setiap elemen masyarakat berkontribusi sesuai bidangnya, dampak sosial ekonominya akan dirasakan langsung masyarakat. Apresiasi juga kami sampaikan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap upaya-upaya pembangunan dalam pemberdayaan masyarakat maupun kelestarian lingkungan. Komitmen menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama kita semua,” tambahnya.

Bupati Irsyad Apresiasi Perusahaan yang Mendukung Pembangunan Pasuruan

Pelelangan lahan konservasi di lereng Tengger antara petani dan pemanfaat air di hilir.

Diketahui, perusahaan air minum di Keboncandi ini mendapat Pasuruan Maslahat Award 2023 karena inisiasi program Imbal Jasa Lingkungan. Program ini mendorong terciptanya ko-investasi multipihak dalam memulihkan dan mempertahankan fungsi daerah aliran sungai (DAS) Rejoso khususnya.

Pemanfaat air di daerah hilir Pasuruan bisa berkontribusi kepada masyarakat di hulu untuk menjaga tanaman yang ada.

Kepala Pabrik AQUA Keboncandi, Wahyu Wulandari pada kesempatan terpisah menyampaikan program ini dimulai sejak 2017 berkolaborasi dengan berbagai stakeholder di antaranya DLH Kab. Pasuruan, Forum DAS Kabupaten Pasuruan.

“Masyarakat di hulu Rejoso melelang tanamannya kepada pemanfaat air di hilir. konsep imbal jasa lingkungan ini awalnya kita lakukan dengan lelang konservasi dengan ketentuan. Lalu pemenangnya kita kontrak selama setahun, lelang konservasi ini dapat menjadi sarana dan media pembelajaran untuk petani agar lebih paham tentang pertanian yang berwawasan dan ramah lingkungan, serta transparansi dalam menentukan nilai kontrak konservasi,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)