Kepala BNN Sebut Prevalensi Mahasiswa Tinggi Mengkhawatirkan

Sabtu, 17 Juni 2023 - 12:46 WIB
loading...
Kepala BNN Sebut Prevalensi Mahasiswa Tinggi Mengkhawatirkan
BNN Komjen Pol Petrus Reinhard Golose menyebut prevalensi narkoba di kalangan mahasiswa makin mengkhawatirkan. Hal itu menyusul temuan bunker 3 kilogram sabu di Universitas Negeri Makassar.. Foto SINDOnews
A A A
DENPASAR - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Petrus Reinhard Golose menyebut prevalensi narkoba di kalangan mahasiswa makin mengkhawatirkan. Hal itu menyusul temuan bunker 3 kilogram sabu di Universitas Negeri Makassar.

"Prevalensi di mahasiswa meningkat. Ini tentu makin mengkhawatirkan," kata Golose usai membuka Smash On Drugs International Table Tennis Championship 2023 di auditorium Universitas Udayana (Unud) di Jimbaran, Bali, Sabtu (17/6/2023).



Dia memaparkan, jika dua tahun lalu prevalensi hanya 1,10?, saat ini telah meningkat menjadi 1,38%. Meski di bawah prevalensi nasional 1,95%, angka itu sudah masuk kategori mengkhawatirkan.

Golose sengaja memilih Unud menjadi lokasi kejuaraan tenis meja internasional ini. Hal itu merupakan bagian dari soft approach untuk menggemakan kampanye melawan narkotika sehingga prevalensi di kampus bisa berkurang.

Dia meyakini jika even ini terus dikembangkan di kampus, akan mampu menekan keinginan mahasiswa menggunakan narkotika, terlebih terlibat dalam peredaran narkotika.

Golose lalu mengungkap keberhasilan kampanye perang melawan narkotika melalui even Sing of Drugs yang digelar sebelumnya. "Di Jawa Barat, ada anak menyanyikan lagu narkoba musuh bersama. Bapaknya yang mendengar itu kini direhabilitasi," ujarnya.

Kejuaran tenis meja internasional 2023 diikuti oleh 239 kontestan yang terdiri dari 182 atlet Indonesia dan 57 atlet internasional. Peserta internasional berasal dari 12 negara, yaitu Malaysia, Cina, Thailand, China Taipei, Luxembourg, India, Jepang, Makau China , Singapura, Jerman, Filipina dan Korea Selatan.

Para atlet akan bertanding dalam empat kategori, yaitu Tunggal Putra, Tunggal Putri, Ganda Putra, dan Ganda Putri, untuk memperebutkan hadiah dengan nilai total sebesar 40.000 USD.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)