Ratusan Peserta Antusias Ikuti Kegiatan Binkom TNI AD di Perbatasan RI- Timor Leste

Kamis, 15 Juni 2023 - 20:11 WIB
loading...
Ratusan Peserta Antusias Ikuti Kegiatan Binkom TNI AD di Perbatasan RI- Timor Leste
Dialog Interaktif Cegah Konflik Sosial di Timor Tengah Selatan menghadirkan Pemateri Pamen Denma Mabesad Kol Inf Junaidi M S.Sos, M.Si. (Ist)
A A A
BELU - Dialog Interaktif 'Cegah Konflik Sosial di Timor Tengah Selatan' menghadirkan Pemateri Pamen Denma Mabesad Kol Inf Junaidi M S.Sos, M.Si.

Kegiatan Pembinaan Komunikasi (Binkom) yang diikuti 150 peserta ini terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda serta organisasi masyarakat dan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu Pengetahuan SOE. Acara berlangsung di Pos Lintas Batas Negara/PLBN Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/05/2023).

Dalam testimoni oleh peserta yang mengikuti Binkom bahwa kegiatan yang mengusung tema “Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial”itu, sangat penting di era globalisasi informasi dan teknologi saat ini karena perkembangan situasi dan kondisi saat ini sangat rentang dengan isu-isu negatif yang berupaya untuk memecah belah bangsa.

Dengan adanya kegiatan Binkom tersebut diharapkan mampu mengingatkan kembali seluruh komponen bangsa agar bahu membahu dalam menjaga stabilitas keamanan di daerahnya masing-masing. Dengan demikian maka diharapkan dapat mencegah dan meredam setiap potensi konflik sosial yang akan terjadi di Kabupaten Belu.

Dalam acara tersebut peserta yang diundang kurang lebih 150 orang yang terdiri dari Forkopimda Belu, Tokoh agama,tokoh masyarakat, tokoh adat, mahasiswa, pelajar, santri, LSM dan organisasi pemuda.

Para peserta Binkom memberi apresiasi positif terkait dengan program Binkom ini, dan sangat bermanfaat untuk membangkitkan semangat juang setiap warga Belu yang berada di daerah perbatasan agar dapat memiliki nasionalisme yang tinggi serta mencintai tanah airnya secara Hakiki.

Dalam acara ini menghadirkan para pemateri dari kalangan, Pemerintah Daerah, Kaban Kesbangpol Kabupaten Belu Apolinaris M. Susar, S.Sos dan Wakil Dekan I Bid Akademik dan kemahasiswaan Politeknik 'Ben Mboi Unhan RI Dr. Drs Tatar Bonar Silitonga M.Si serta Nara sumber dari Staf Intelijen Angkatan Darat yang diwakili oleh Kol Inf Junaidi M S.Sos., M.Si, Pamen Denma Mabesad,dengan materi Pemantapan nilai-nilai wawasan kebangsaan.

Kol Inf Junaidi, mengatakan bahwa masyarakat Belu sangat luar biasa dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini serta berpandangan sangat positif,
"Semua terlihat dari pertanyaan-pertanyan yang dilontarkan kapada para nara sumber begitu kritis dan sangat merepresentasikan kecintaan terhadap NKRI," ujarnya.

"Melalui kegiatan ini, kita juga berharap dapat meningkatkan kerjasama dan sinergitas yang baik secara integral antara TNI AD, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat di wilayah perbatasan Belu, terutama dalam mencegah terprovokasinya masyarakat akibat berita hoaks dan propaganda yang bertujuan untuk menciptakan disintegrasi bangsa," tambahnya.

Peserta Binkom mengucapkan terima kasih kepada Kasad Jenderal TNI Dr.Dudung Abdurachman SE, MM. atas tereselenggaranya program tersebut semoga ke depan tetap dipertahankan dan ditingkatkan dengan harapan TNI AD selalu di hati rakyat dan tetap solid dalam bingkai NKRI tercinta ini.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)