Tingkatkan Ekonomi, Emak-emak di Muaro Jambi Pelatihan Membuat Tikar

Rabu, 14 Juni 2023 - 12:13 WIB
loading...
Tingkatkan Ekonomi, Emak-emak di Muaro Jambi Pelatihan Membuat Tikar
Relawan Srikandi Ganjar Jambi menggelar pelatihan membuat tikar dari daun pandan bersama kelompok UMKM Kumpeh di Desa Puding, Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (14/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MUARO JAMBI - Relawan Srikandi Ganjar Jambi menggelar pelatihan membuat tikar dari daun pandan bersama kelompok usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kumpeh di Kabupaten Muaro Jambi. Pelatihan untuk membuka peluang bisnis sehingga bisa meningkatkan ekonomi warga.

Korwil Mak Ganjar Jambi Fenti Pronik mengatakan kegiatan tersebut disambutan antusias ibu-ibu yang mengikuti acara. "Kami berharap adanya kegiatan pelatihan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar, dan bisa lebih meningkatkan skill dalam meningkatkan UMKM daerah," kata Fenti di Desa Puding, Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (14/6/2023).

Menurut Fenti membuat tikar dari daun pandan merupakan kerajinan turun temurun yang diajarkan nenek moyang. Banyak masyarakat yang membuat tikar tersebut sebagai mata pencarian ekonomi mereka.

Ada dua jenis tikar yang dibuat masyarakat yaitu tikar dari daun pandan dan tikar dari daun rumbai. Namun yang dipraktikkan dalam pelatihan tikar dari daun pandan. "Jika ingin lebih bagus dan menarik lagi tikarnya bisa diberikan warna," ujarnya.

Dia menjelaskan masyarakat setempat menjual tikar-tikar yang sudah dibuat ke pasar terdekat atau menerima pesanan. Fenti mengatakan tikar itu dibanderol dengan harga Rp50.000 per meter.

Di sela kegiatan tersebut, relawan juga memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada para ibu-ibu yang menghadiri pelatihan tersebut. Yuliana, salah satu peserta yang mengaku sangat antusiasme mengikuti acara tersebut.

Dia mengatakan kegiatan tersebut sangat baik dan bermanfaat, karena bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar. Dia berharap Srikandi Ganjar terus membuat kegiatan yang bermanfaat di wilayah lain. "Kegiatan ini keren banget dan sangat bermanfaat. Terima kasih Srikandi Ganjar Jambi," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)