Usbat Ganjar Edukasi Jemaah Jenis Najis dan Cara Mensucikannya

Selasa, 13 Juni 2023 - 18:40 WIB
loading...
Usbat Ganjar Edukasi Jemaah Jenis Najis dan Cara Mensucikannya
Relawan Usbat Deli Serdang memberikan edukasi tentang macam-macam najis dan cara mensucikannya kepada jemaah Majelis Taklim Al Hidayah, Desa Tembung, Selasa (13/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
DELI SERDANG - Relawan Ustaz Sahabat Ganjar (Usbat) Deli Serdang memberikan edukasi ke masyarakat tentang macam-macam najis dan cara mensucikannya. Hal dilakukan saat mereka bersilaturahmi ke Majelis Taklim Al Hidayah, Desa Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

Korda Usbat Ganjar Deli SerdangAhmad Thalhah mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep najis dalam Islam. Termasuk tata cara bersuci dengan benar.

"Kegiatan ini ntuk mengingatkan kembali kepada masyarakat, khususnya Ibu-ibu tentang jenis najis dan cara mensucikannya," kata Ahmad usai kegiatan, Selasa (13/6/2023).

Ahmad menuturkan, dalam Islam najis terbagi menjadi beberapa tingkatan. Mulai dari najis golongan berat, sedang, sampai ringan.

Najis ringan berupa air kencing bayi laki-laki yang belum berusia dua tahun serta belum makan sesuatu kecuali air susu ibunya. Najis ini dapat disucikan dengan memercikkan air pada tempat atau benda yang terkena najis tersebut.

Sementara najis sedang, contohnya bangkai. Cara mencucinya sampai warna, bau, dan rasanya hilang. Kemudian disiram dengan air yang suci.

Sedangkan najis yang berat itu bersumber dari anjing dan babi. Cara membersihkannya dengan membasuhnya menggunakan air sebanyak tujuh kali dan salah satunya dicampur dengan debu. Sebelum dibasuh dengan air, wujud najis sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. "Kalau najis berat ini harus menggunakan lumpur untuk membersihkannya," terangnya.

Ahmad berharap edukasi ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. "Harapannya Ibu-ibu dan masyarakat yang hadir pada acara ini dapat mengaplikasikan (ilmu) ini dalam kehidupan sehari-hari, karena ibadah kita tidak sah apabila ada najis," ujarnya.

Ustaz Ahmad Dairobi menjadi pemateri dalam tausiah dan edukasi kegiatan ini. Kegiatan ini disambut baik dan antusias masyarakat dari berbagai kalangan. Hal ini menunjukkan antusiasme dan keinginan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama. Selama sesi pelatihan, peserta aktif berinteraksi dengan relawan ustaz, mengajukan pertanyaan, dan berdiskusi tentang topik terkait.

Wakil Majelis Taklim Al Hidayah Sri Gunarti menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dia berharap kegiatan positif ini terus dilakukan oleh relawan Usbat.

Selain itu, relawan Usbat Ganjar dan masyarakat turut mendoakan agar Indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera. Juga Ganjar Pranowo menjadi Presiden periode 2024-2029.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3175 seconds (0.1#10.140)