Keliling Perairan Batam, Begini Keseruan TNI AL Ajak Pelajar SMP Berlayar Sambil Belajar

Kamis, 08 Juni 2023 - 17:02 WIB
loading...
Keliling Perairan Batam, Begini Keseruan TNI AL Ajak Pelajar SMP Berlayar Sambil Belajar
Lantamal IV Batam, mengajak murid SMP mengikuti pembelajaran sambil berlayar di atas Kapal Angkatan Laut (KAL) Pintar Mandiri I di perairan Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Foto/Antara
A A A
BATAM - Meriah dan penuh keseruan, saat para pelajar SMP mengikuti pembelajaran sambil berlayar menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL). Kegiatan ini digelar Lantamal IV Batam, dalam program Pintar Mandiri I di Perairan Batam, Kepulauan Riau (Kepri).



Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Lantamal IV Batam, Kolonel Laut (KH) Mohammad Ikhsan mengatakan, program ini dilakukan untuk memberikan wawasan kemaritiman kepada para murid, dan menambah minat belajar bagi para murid.



Lebih lanjut Ikhsan mengatakan, program ini juga diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi pendidikan di pulau-pulau di wilayah Kepri. "Kegiatan ini akan menjadi program di Lantamal IV, dan hal ini merupakan kepedulian kami terhadap pendidikan di pulau-pulau wilayah Kepri," ujarnya.



KAL Pintar Mandiri menurutnya, merupakan kapal perpustakaan TNI AL yang diproduksi hanya ada tiga unit di Indonesia. "Satu di antaranya berada di Kepri, di bawah Satuan Kapal Patroli Lantamal IV Batam, sisanya berada di Makassar, dan Papua,” ungkap Ikhsan.

"KAL Pintar Mandiri 1 Lantamal IV merupakan kapal multi fungsi yang dibuat sebagai sarana perpustakaan bergerak, yang dilengkapi buku-buku pengetahuan dan pelajaran untuk anak-anak usia sekolah, alat peraga dan perangkat Informasi Teknologi (IT) yang terkoneksi dengan jaringan internet," ucap Ikhsan.



Sementara itu, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam, Kamariah Nor menyepakati akan menjalin kerja sama dalam hal silang layan, dan pembinaan pengelolaan perpustakaan bersama Lantamal IV Batam. "Ini salah satu edukasi yang sangat menyenangkan bagi peserta didik. Biasanya hanya belajar di dalam kelas atau di daratan, sekarang mereka mencoba nuansa baru, yaitu pembelajaran di atas Kapal Pintar," ungkapnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)