5 Fakta Nyi Roro Kidul, Ratu Cantik Nan Sakti yang Dijadikan Istri Para Sultan

Rabu, 07 Juni 2023 - 19:05 WIB
loading...
5 Fakta Nyi Roro Kidul, Ratu Cantik Nan Sakti yang Dijadikan Istri Para Sultan
Sosok Nyi Roro Kidul hingga saat ini masih menjadi salah satu legenda paling populer di Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sosok Nyi Roro Kidul hingga saat ini masih menjadi salah satu legenda paling populer di Indonesia. Dalam kisahnya, Nyi Roro Kidul merupakan putri dari kerajaan sunda yang diusir ayahnya karena ulah dari ibu tiri.

Masyarakat Sunda mengenal legenda penguasa spiritual Laut Selatan Jawa Barat yang berwujud perempuan cantik ini sebagai Ratu Laut Selatan. Karena populer, banyak yang ingin mengetahui sederet fakta dari Nyi Roro Kidul.


Berikut lima fakta menarik dari Nyi Roro Kidul:

1. Penampilan dari Nyi Roro Kidul

Banyak yang menggambarkan jika penampilan Nyi Roro Kidul ini sangatlah cantik dengan rambut panjang dan berwarna hijau. Selain itu, ia juga sering kali mengenakan pakaian berwarna hijau dengan perhiasan indah di lehernya.

2. Kepercayaan Terhadap Nyi Roro Kidul

Sebagian besar orang percaya bahwa Nyi Roro Kidul memiliki kekuatan yang sangat besar dan mempunyai pengaruh terhadap kehidupan mereka. Terutama masyarakat yang berada di sekitar Pantai Selatan.

Bahkan banyak di antaranya yang menganggap Nyi Roro Kidul sebagai pelindung atau tuan rumah di Pantai Selatan Jawa. Maka tak sedikit orang yang percaya bahwa sosok yang dianggap sebagai ratu itu bisa memberikan kekayaan hingga kesuksesan di dunia.


3. Mitos Tentang Nyi Roro Kidul

Mitos yang paling terkenal hingga sekarang yaitu larangan memakai pakaian berwarna hijau ketika hendak berkunjung dan berenang di Pantai Selatan. Jika melanggarnya, maka Nyi Roro Kidul akan memanggil mereka yang membuatnya tidak akan kembali lagi.

4. Dibuatkan Kamar Oleh Sultan Hamengkubuwono IX

Seorang abdi dalem keraton pernah bercerita jika dirinya pernah mempunyai tugas khusus untuk menjaga kamar yang menjadi tempat Sultan HB IX dan Nyi Roro Kidul bertemu. Diketahui pertemuan keduanya berlangsung setiap malam Jumat.

Bahkan konon katanya, Ratu Pantai Selatan itu pernah menjadi istri dari Sultan Keraton Surakarta dari mulai Sultan HB I hingga IX. Namun ketika turun takhta ke Sultan HB X tradisi tersebut ditiadakan.

5. Fenomena Alam Adanya Nyi Roro Kidul

Hadirnya Nyi Roro Kidul sering dianggap nyata. Hal tersebut ditunjukan dengan beberapa penampakan fenomena alam seperti adanya ombak laut selatan yang kerap disebut ‘Ombak Nyi Roro Kidul’.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0832 seconds (0.1#10.140)