Polisi Ringkus 2 Pelaku TPPO di Cilacap, Korban Capai 150 Orang

Selasa, 06 Juni 2023 - 11:50 WIB
loading...
Polisi Ringkus 2 Pelaku TPPO di Cilacap, Korban Capai 150 Orang
Polisi mengungkap kasus TPPO di Cilacap dengan korban mencapai 150 orang calon pekerja migran.Foto/ilustrasi
A A A
CILACAP - Polresta Cilacap mengungkap kasus dan menangkap dua pelaku tindak pidana perdagangan orang ( TPPO ) dengan korban mencapai 150 orang calon pekerja migran Indonesia. Kedua tersangka yakni, Taryanto (43) warga RT 03 RW 05 Slarang, Kesugihan, Kabupaten Cilacap dan Sunata (51) warga RT 01 RW 01 Babakanjaya, Gabus Wetan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Kapolresta Cilacap Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto menjelaskan, kasus ini bermula ketika pelapor mendapatkan informasi mengenai adanya pemberangkatan kerja ke luar negeri tepatnya di Korea Selatan melalui tersangka selaku Direktur CV Asiana Jasvan Jaya pada awal Maret 2022. Kemudian pelapor menemui tersangka untuk menanyakan proses keberangkatan kerja ke Korea Selatan.

"Selanjutnya pelapor mengikuti arahan dan persyaratan yang ditentukan tersangka. Pelapor kemudian diarahkan untuk melakukan pembayaran sebesar Rp 100 juta yang dibayarkan secara bertahap dengan cara tunai dan transfer ke rekening bank. Uang itu, untuk biaya medikal, paspor dan persyaratan administrasi lainnya," kata Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto dalam keterangan tertulis, Selasa (6/6/2023).

Baca juga: Biro Hukum PSHT Sebut Massa Terlibat Bentrok dengan Brajamusti Mayoritas dari Luar Jogja

Setelah memenuhi sebagian persyaratan, pelapor dijanjikan berangkat pada September 2022. Namun hingga sekarang pelapor tidak diberangkatkan dan tersangka sulit dihubungi. Akhirnya korban melaporkan kasus ini ke Polresta Cilacap.

Lebih jauh Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto menjelaskan, berdasarkan hasil penyelidikan, tersangka Taryanto dalam melakukan perekrutan calon pekerja migran Indonesia bekerjasama dengan Sunata. Dalam kerjasama tersebut Sunata mendapatkan mendapatkan keuntungan secara pribadi.

Dalam kerjasama tersebut, Sunata berhasil merekrut sejumlah calon pekerja migran Indonesia. Uang terkumpul dari para calon pekerja migran Indonesia tersebut mencapai Rp 3,6 miliar dan Sunata mendapat bagian Rp 1,5 miliar. Taryanto memberikan uang tersebut kepada Sunata dengan cara di transfer melalui rekening bank.

"Beberapa calon pekerja migran Indonesia yang direkrut tersangka Taryanto di kirim ke LPK Al Alif milik tersangka Sunata. Informasinya para calon pekerja migran Indonesia di kirim ke LPK tersebut untuk persiapan akhir pemberangkatan. Namun ternyata di LPK Al Alif mereka dijadikan kuli bangunan membangun asrama," terangnya.

Menurutnya, para tersangka dijerat dengan Pasal 81 Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Para tersangka diancam dengan pidana penjara paling lama 10 tahun
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4056 seconds (0.1#10.140)