Kabar Gembira! PT KAI Operasikan KA Pandalungan Jember-Jakarta

Sabtu, 03 Juni 2023 - 04:30 WIB
loading...
Kabar Gembira! PT KAI Operasikan KA Pandalungan Jember-Jakarta
PT KAI resmi meluncurkan KA Pandalungan dengan rute Jember-Gambur, Jakarta PP.Foto/Antara
A A A
JEMBER - PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka rute baru perjalanan kereta api (KA) dari Jember tujuan Stasiun Gambir, Jakarta dengan KA Pandalungan. Pemberangkatan pertama pada 1 Juni 2023 dengan membawa 230 penumpang.

Menurut Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa, KA Pandalungan menjadi kereta api dengan rute paling jauh yang dioperasionalkan PT KAI. "Jarak yang ditempuh 919 kilometer," kata Hadis.

Dia mengungkapkan, peluncuran itu merupakan implementasi peningkatan pelayanan KAI seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 yang berlaku terhitung mulai 1 Juni 2023.

Hadis menambahkan, hadirnya KA Pandalungan merupakan alternatif untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Jember dan sekitarnya yang akan bepergian menuju ibukota dengan kepastian jadwal, waktu tempuh yang efisien dan kenyamanan sepanjang perjalanan.

Baca juga: Pelaku Ekonomi Kreatif Jatim Sambut Baik Rencana Hekrafnas Tiap 24 Oktober

"Nama Pandalungan sebagai nama kereta dari Jember tujuan Jakarta adalah sebagai bentuk apresiasi KAI untuk masyarakat Pandalungan yang berada di wilayah tapal kuda. Harapannya, kalau orang di wilayah tapal kuda mau bepergian, naiknya ya KA Pandalungan," tuturnya.

KA Pandalungan membawa 8 kereta eksekutif dengan kapasitas 400 tempat duduk. Pada tahap awal, kereta tersebut akan beroperasi setiap hari selama dua pekan pertama bulan Juni, kemudian pada minggu ketiga dan keempat akan berjalan pada hari Kamis hingga Senin.

"Selama bulan Juni, KAI juga memberikan tarif tiket promo KA Pandalungan senilai Rp300.000 untuk semakin menarik minat pelanggan," katanya.

Hendy Siswanto mengatakan adanya KA Pandalungan itu memudahkan mobilitas masyarakat menuju Jakarta dan kereta tersebut menjadi moda transportasi pertama menempuh rute terjauh yang langsung berangkat dari Jember menuju Jakarta.

"Masyarakat Jember dan sekitarnya yang akan pergi ke Jakarta tidak perlu transit untuk berganti kereta api di stasiun Surabaya terlebih dahulu. Dengan menggunakan transportasi kereta api sangatlah aman karena mengurangi risiko kecelakaan di jalan," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)