Waspada! Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa Sulawesi Utara hingga Minggu

Jum'at, 02 Juni 2023 - 07:02 WIB
loading...
Waspada! Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa Sulawesi Utara hingga Minggu
BMKG memprediksi wilayah Sulawesi Utara, masih berpotensi dilanda cuaca ekstrem hingga Minggu (4/6/2023). Foto/Ilustrasi
A A A
MANADO - Warga di wilayah Sulawesi Utara, diimbau untuk mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yang masih berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan. BMKG memprediksi, cuaca ekstrem masih berpotensi melanda Sulawesi Utara, hingga Minggu (4/6/2023).



Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle mengatakan, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga Minggu (4/6/2023).



Potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang tersebut, diperkirakan terjadi di beberapa wilayah kabupaten dan kota di provinsi ujung utara Sulawesi tersebut.



Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah-daerah dengan potensi rawan longsor, banjir, dan pohon tumbang, agar berhati-hati bila terjadi kondisi cuaca ekstrem.

"BMKG akan memberikan informasi terkini, terkait dengan potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Sulawesi Utara. Ada kanal-kanal informasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat ataupun pemangku kepentingan," ujarnya.



Ben menjelaskan, potensi cuaca ekstrem pada Jumat (2/6/2023) diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Sementara pada Sabtu (3/6/2023), kondisi cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon, dan Kabupaten Minahasa Selatan. Sedangkan pada Minggu (4/6/2023), cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)