Wali Kota Pekalongan Ajak Masyarakat Aktualisasikan Nilai-nilai Pancasila

Kamis, 01 Juni 2023 - 11:08 WIB
loading...
Wali Kota Pekalongan Ajak Masyarakat Aktualisasikan Nilai-nilai Pancasila
Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mengajak masyarakat mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila. Wali Kota Pekalongan menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutan pada Harlah Pancasila. Foto SINDOnews
A A A
PEKALONGAN - Wali Kota Pekalongan , HA Afzan Arslan Djunaid mengajak masyarakat mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila . Wali Kota Pekalongan menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Kelahiran (harlah) Pancasila, 1 Juni hari ini.



Pada Harlah Pancasila tahun 2023 ini, Pemkot Pekalongan mengusung tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global". Jajaran pemerintah Kota Pekalongan, TNI, Polri, hingga pelajar mengikuti upacara bendera peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Afzan Arslan Djunaid menyampaikan bahwa Harlah Pancasila setiap 1 Juni wajib dimaknai sebagai momentum pengingat dalam mengaktualisasi nilai-nilai dasar negara.

"Momen ini juga diharapkan dapat dimaknai sebagai upaya untuk memajukan bangsa, sekaligus menjadi sumbangsih masyarakat Indonesia bagi dunia," ungkapnya.

Walikota Pekalongan yang akrab disapa Aaf tersebut, menyampaikan bahwa, Pancasila sebagai dasar negara Indonesia ini tidak lekang oleh waktu baik dari zaman dahulu, saat ini, maupun masa yang akan datang. Sehingga, masyarakat harus selalu mempedomani dan berpegang teguh pada Pancasila dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

"Pancasila ini juga sebagai dasar kita dalam menghadapi era globalisasi, situasi dan kondisi saat ini seperti yang diamanahkan Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo seperti tetap menjaga kondusivitas menjelang pemilu, keamanan negara, penurunan angka stunting yang saat ini kasusnya masih tinggi, dan sebagainya," ucapnya.

Menurutnya, perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilaiPancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia agar tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, maka masyarakat akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat bahwa, momentum Harlah Pancasila ini bisa terus memberikan spirit dan semangat baru untuk terus mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita harus menyelesaikan tugas-tugas apa yang belum terselesaikan. Mudah-mudahan seluruh masyarakat bisa selalu guyub rukun bersama, semua saling koordinasi, terutama menjelang tahun politik dan pemilu nanti semuanya bisa berjalan aman dan kondusif," tandasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3690 seconds (0.1#10.140)