Varietas Protangguh di Batang Digadang-gadang Mampu Tangani Stunting

Rabu, 31 Mei 2023 - 15:28 WIB
loading...
Varietas Protangguh di Batang Digadang-gadang Mampu Tangani Stunting
Kodim 0736/Batang bersama unsur Forkopimda melaksanakan penanaman padi varietas Protani atau Protangguh. Ini kerja sama antara Korem 071/Wijayakusuma bersama Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto. Foto SINDOnews
A A A
BATANG - Kodim 0736/Batang bersama unsur Forkopimda melaksanakan penanaman padi varietas Protani atau Protangguh. Ini merupakan kerja sama antara Korem 071/Wijayakusuma bersama Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto, sebagai upaya menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Batang.

Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman menyampaikan, kandungan protein yang tinggi, diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat setempat.


“Proteinnya tinggi, jadi sangat tepat jika dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, sehingga bisa mendukung program penanganan stunting,” kata Letkol Inf Ahmad usai melakukan penanaman padi Protani, bersama Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, di Desa Kalibeluk, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menerangkan, penanaman varietas padi Protani sangat tepat karena membantu anggota keluarga yang terindikasi mengalami stunting. Termasuk ibu hamil, agar mencegah terjadinya stunting.

“Kandungan gizi dan proteinnya lebih tinggi dibandingkan varietas lainnya. Dalam prosesnya perlu pendampingan khusus dari Dinas Pangan dan Pertanian bersama Babinsa, karena jika sukses bisa menjadi percontohan untuk ditanam di desa-desa lain,” ujar dia.

Padi varietas Protani diperkirakan dapat menghasilkan 9 ton per hektarnya, ketika dipanen dalam kurun waktu tiga bulan. Dipilihnya varietas tersebut juga sebagai upaya untuk menekan inflasi di Kabupaten Batang.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)