Apresiasi Ribuan Karya Siswa dan Guru, Nyalanesia Gelar Penganugerahan Juara Literasi

Selasa, 30 Mei 2023 - 16:35 WIB
loading...
Apresiasi Ribuan Karya Siswa dan Guru, Nyalanesia Gelar Penganugerahan Juara Literasi
Sebagai bentuk apresiasi kepada ribuan sekolah yang telah berhasil mengembangkan program literasinya, Nyalanesia menyelenggarakan puncak acara Festival Literasi Nasional 2023. (Ist)
A A A
BOGOR - Sepanjang tahun 2022 lalu, lebih dari 1.700 sekolah telah berhasil mengembangkan program literasi bersama Nyalanesia. Ribuan sekolah tersebut telah menghasilkan lebih dari 550 website literasi sekolah, 169 karya video kreasi sekolah hasil kolaborasi guru dan siswa, serta lebih dari 105.000 karya tulis dari kepala sekolah, guru, dan siswa.

Sebagai bentuk apresiasi kepada ribuan sekolah yang telah berhasil mengembangkan program literasinya, Nyalanesia menyelenggarakan puncak acara Festival Literasi Nasional 2023 pada Kamis (4/5/2023) lalu.

Acara ini diselenggarakan sebagai puncak pertemuan, pembelajaran, perayaan, dan penganugerahan atas setiap program-program literasi yang diselenggarakan oleh Nyalanesia sepanjang tahun 2022.

“Festival Literasi Nasional 2023 ini merupakan acara yang menjadi puncak pertemuan, pembelajaran, perayaan, dan penganugerahan atas setiap program-program literasi yang telah diselenggarakan oleh Nyalanesia sepanjang tahun 2022 lalu. Untuk mengapresiasi ratusan ribu karya yang telah tercipta, pada momen ini akan dianugerahkan berbagai kategori penghargaan, baik bagi sekolah dan kepala sekolah, guru, serta siswa,” ujar Lenang Manggala, selaku Founder Nyalanesia.

Seluruh peserta antusias mengikuti jalannya acara hingga akhir, termasuk menantikan sesi penganugerahan juara, di mana karya-karya terbaik berupa tulisan maupun audio-visual ditampilkan, ratusan buku diluncurkan, serta para pengkarya yang menjadi juara diumumkan.

Penganugerahan juara tersebut meliputi Juara Kategori penulisan Surat, Puisi, Cerpen, dan Esai untuk Siswa dan Guru Tingkat Nasional, Juara Video Kreasi Sekolah Tingkat Nasional, Sekolah Percontohan Literasi Nasional, Website Literasi Sekolah Nasional, Teacher Literacy Awards, Adi Acarya Awards, dan Sosialisator Program Literasi Nasional Terbaik tahun 2022.

Penganugerahan Juara I Kategori penulisan Surat Jenjang SD/Sederajat diraih oleh Keyzia Barnessya Andalas dari SD Unggulan 'Aisyiyah Taman Harapan Curup, Juara II diraih oleh Alya Zahra Althofunnisa dari SDIT Mutiara Rahmah, dan Juara III diraih oleh Nayla Az Zahra dari SDIT Nurul Fikri Sidoarjo.

Penganugerahan Juara Kategori Penulisan Puisi didapatkan oleh para siswa jenjang SD hingga SMA/Sederajat, Kepala Sekolah, serta Guru. Juara Kategori Penulisan Puisi untuk Jenjang SD/Sederajat diraih oleh Rahma Ayu dari SD Inpres Lobugio sebagai Juara I, Marques Alexander Jansen dari SDTK Pelita Hati sebagai Juara II; dan Muhammad Faiq Arraihan dari SDN 001 Balikpapan Utara sebagai Juara III.

Juara Kategori Penulisan Puisi untuk Jenjang SMP/Sederajat diraih oleh Fiandra Saputri dari SMP Negeri 8 Buton sebagai Juara I, Nagita Nurul Umayah dari SMP Negeri 4 Waru sebagai Juara II, dan Makkaila Razisti dan SMP Negeri 1 Balikpapan sebagai Juara III.

Sementara untuk Juara Kategori Penulisan Puisi Jenjang SMA/Sederajat diraih oleh Putri Nurul Syam Siyah dari MAN 1 Karanganyar sebagai Juara I, Serlinda Istara dari SMA Negeri 4 Denpasar sebagai Juara II, dan Tarisa Adistia dari SMA Dharma Wanita 1 Gedangan sebagai Juara III.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)