Jemaah Majelis Taklim Deli Serdang Pelatihan Makhorijul Huruf 

Jum'at, 26 Mei 2023 - 18:53 WIB
loading...
Jemaah Majelis Taklim Deli Serdang Pelatihan Makhorijul Huruf 
TGS Ganjar Sumut menggelar pelatihan makhorijul huruf di Desa Tanjung Gusta, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (26/5/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
DELI SERDANG - Relawan Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumut menekankan pentingnya umat muslim harus memahami makhorijul (ketepatan huruf) saat membaca Al-Qur’an. Tiap muslim wajib melafalkan huruf hijaiyah dengan benar agar tidak menimbulkan perbedaan arti.

Sebab itu, TGS Ganjar Sumut menggelar pelatihan makhorijul huruf di Desa Tanjung Gusta, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (26/5/2023). Korwil TGS Ganjar Sumut Zulfi Andika menjelaskan, makhorijul huruf memiliki arti tempat-tempat keluarnya huruf pada waktu huruf tersebut dibunyikan.

Makhorijul huruf merupakan metode yang baik untuk belajar membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. "Makhorijul huruf ini sangat penting untuk dipelajari, karena begitu nanti huruf hijaiah salah melafalkannya, itu bisa berbeda maknanya," kata Zulfi.

Pelatihan mahkorijul huruf yang digelar relawan meliputi pengenalan tajwid, pelafalan huruf hijaiah dan tajwid yang benar hingga cara menulis huruf hijaiah dengan rapi. Puluhan warga dari berbagai daerah di Kecamatan Sunggal ikut serta dalam pelatihan ini.

Mayoritas dari mereka merupakan jemaah dari majelis-majelis taklim di Sunggal. "Kami mengundang pemateri yang terampil, paham, dan juga fasih dalam membaca Al-Qur’an. Dia mampu dan memang membidangi bidang ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an," jelasnya.

Proses pelatihan berlangsung interaktif. Para peserta diajak praktik langsung membaca Al-Qur’an sesuai dengan makhorijul huruf yang telah diajarkan.

Zulfi berharap pelatihan ini bisa menambah wawasan dan keterampilan warga dalam membaca Al-Qur’an yang baik, benar, dan sesuai dengan terjemahannya. "Harapan kami setelah melakukan kegiatan ini, masyarakat lebih giat lagi membaca dan mencintai Al-Qur’an," lanjutnya.

Selain itu, TGS Ganjar juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada majelis taklim. Mulai dari bantuan pengeras suara, karpet, hingga buku-buku panduan makhorijul huruf.

Relawan ini pun berkomitmen untuk terus menggelar pelatihan-pelatihan yang bermanfaat untuk umat muslim di wilayah lainnya di Sumut. Ini menjadi misi relawan TGS Ganjar yang ingin menunjukkan manfaatnya kepada masyarakat saat mensosialisasikan sosok Ganjar.

"Kami terinspirasi dari Ganjar Pranowo yang mana kami sangat berpedoman pada beliau. Terutama gerakan-gerakan yang biasa beliau lakukan di bidang keumatan," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2332 seconds (0.1#10.140)