Mahasiswi Unair Bantu Promosi UMKM di Tengah Pandemi

Kamis, 23 Juli 2020 - 14:08 WIB
loading...
Mahasiswi Unair Bantu Promosi UMKM di Tengah Pandemi
Shofi Nilamsari, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) berinisiatif untuk mendirikan sebuah komunitas yang bernama Aid For Buddies (AFB) untuk membantu UMKM.SINDOnews/Ist
A A A
SURABAYA - Pandemi COVID-19 berdampak pada kondisi ekonomi di Indonesia. Ribuan orang sudah terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Mereka pun kini banyak yang merintis menjadi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Berangkat dari prihatin itu, Shofi Nilamsari, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) berinisiatif untuk mendirikan sebuah komunitas yang bernama Aid For Buddies (AFB). Nama Aid For Buddies yang bermakna bantuan untuk teman-teman dipilih karena nama tersebut mencerminkan tujuan didirikannya komunitas itu yakni membantu pedagang kecil dan menengah dalam mempromosikan usahanya secara gratis.

Dalam mengelola komunitas tersebut, Shofi, panggilan akrabnya, dibantu oleh 14 anggota tim dan dua orang volunteer. "Awalnya tidak terpikirkan menggunakan nama Aid For Buddies, lalu setelah berdiskusi dengan anggota tim komunitas akhirnya pilihan jatuh pada nama tersebut yang memiliki arti bantuan untuk teman-teman," kata Shofi, Kamis (23/7/2020). (Baca: Kedai Kopi Sepeda Viral di Malang, Harga Kaki Lima Rasa Bintang Lima)

Ia melanjutkan, kegiatan promosi itu dilakukan melalui 16 akun media sosial instagram masing-masing anggota dengan jumlah total followers hingga 17.000 lebih. Meskipun tidak memungut biaya dari pedagang, namun terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi agar usaha mereka dapat dipromosikan. "Hingga Juli 2020, terdapat 10 pedagang kecil dan menengah di seluruh Indonesia yang telah dibantu," ucapnya.

Selain membantu promosi secara gratis, AFB juga melakukan beberapa kegiatan lain seperti sharing session, di mana mahasiswa dapat berbagi pengalaman sesuai bidang yang mereka minati. AFB juga membuat mini podcast untuk melihat berbagai sudut pandang mahasiswa terkait suatu hal. Ke depannya, Shofi berharap agar komunitas AFB bisa terus berkembang dan semakin dikenal luas oleh masyarakat. (Baca: Lima Bulan, Bisnis Hiburan dan Pesta Pernikahan Mati)

Dia juga berharap agar AFB dapat mengadakan penggalangan dana sehingga bisa membantu lebih banyak orang yang membutuhkan. "Jangan takut buat memulai berbagi, karena kita tidak pernah tahu berapa senyum yang telah kita ciptakan dari kegiatan berbagi tersebut," katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)