Viral Video 2 Pekerja Banyuwangi Mengaku Disiksa di Myanmar: Tolong Saya Ya Pak!

Rabu, 24 Mei 2023 - 14:21 WIB
loading...
Viral Video 2 Pekerja Banyuwangi Mengaku Disiksa di Myanmar: Tolong Saya Ya Pak!
Tangkapan layar video dua pemuda asal Banyuwangi yang mengaku mendapat penyisaan saat bekerja sebagai TKI di Myanmar. Foto/Tangkapan Layar
A A A
BANYUWANGI - Video dua pekerja pria yang mengaku disiksa di negara Myanmar viral di media sosial. Pada video yang beredar itu ada sejumlah tenaga kerja Indonesia (TKI). Di mana dua di antaranya mengaku sebagai warga Banyuwangi, Jawa Timur.

Video itu diunggah oleh akun @andre_aries. Pada unggahan video itu dua pemuda mengaku bernama Muhammad Ruhiyat dan Ahmad Subiantoro, dari Banyuwangi mengaku merasa menjadi korban penipuan agensi.


Mereka mengaku ditipu oleh agensi. Dijanjikan ditempatkan di tempat perusahaan prestisius di Thailand. Akan tetapi kenyataannya berbeda, mereka justru ditempatkan di perbatasan Myanmar.

Kedua pria itu terlihat masih berumur 20 tahunan itu meminta bantuan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengaku disiksa secara tidak manusiawi dan diintimidasi.

"Tolong saya ya pak," ujar pria dalam video tersebut.

Menanggapi video tersebut Koordinator Pos Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P4MI) Banyuwangi, Fery Meriyanto mengaku telah menerima informasi tersebut. Dia juga mengetahui informasi itu dari media sosial TikTok.



Informasi yang didapat dari P4MI, kedua TKI tersebut ternyata bekerja di perbatasan Myanmar. Profesi apa yang dijalani di sana juga masih misterius. P4MI belum mengetahui pasti.

"Kami sudah tindak lanjuti dan kami sudah menyampaikan ke KBRI Myanmar," kata Fery, Rabu (24/5/2023).

Namun pihaknya masih melakukan penelusuran terkait kebenaran pengakuan dua pria di video tersebut apakah benar berasal dari Kabupaten Banyuwangi, serta diberangkatkan dari agensi mana.

"Yang lain-lain kami masih telusuri infonya," kata dia.

Selain itu, saat ini P4MI juga belum bisa mengungkap alamat pasti keduanya yang berada di Kabupaten Banyuwangi. Seperti data desa, kecamatan bahkan keluarga juga masih belum terungkap.

"Infonya masih dari TikTok dan media sosial saja. Dari dinas tenaga kerja juga masih belum mendapat info alamat dan keluarga," pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)