Harga Telur dan Daging Ayam Naik, Tim Satgas Pangan Antisipasi Penimbunan

Selasa, 23 Mei 2023 - 22:21 WIB
loading...
Harga Telur dan Daging Ayam Naik, Tim Satgas Pangan Antisipasi Penimbunan
Satgas Pangan Polres Cimahi memantau harga telur dan ayam ke beberapa pedagang di Pasar Atas Cimahi dan menemukan adanya kenaikan harga-harga sejak sepekan terakhir. Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Naiknya harga kebutuhan pokok khususnya komoditas telur ayam dan daging ayam menjadi perhatian dari Tim Satgas Pangan Polres Cimahi. Mereka langsung bergerak untuk menulusuri potensi adanya penimbunan yang menyebabkan harga kebutuhan pokok itu melambung.

Seperti diketahui, harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Cimahi yang awalnya hanya Rp32 ribu per kilogram pada pekan lalu, kini naik menjadi Rp38 ribu per kilogram, sedangkan harga telor dari Rp27 ribu per kilogram naik menjadi Rp32 ribu per kilogram.

"Kami coba telusuri apakah kenaikan harga ini dari agen, apakah ditimbun atau memang ada permainan (harga),"
ucap Ketua Satgas Pangan Polres Cimahi, AKP Luthfi Olot Gigantara saat ditemui di Pasar Atas Kota Cimahi, Selasa (23/5/2023).

Baca juga: Baru Saja Turun Usai Lebaran, Harga Daging Ayam dan Telur di Cimahi Kembali Naik

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan penelusuran ke setiap agen telur dan daging ayam yang ada di Kota Cimahi. Jangan sampai kenaikan harga ini karena ada permainan atau penimbunan oleh pihak-pihak atau sekelompok orang yang ingin mencari keuntungan lebih besar.

Pihaknya sudah mengetahui nama-nama agen yang memasok daging ayam dan telor ke setiap pedagang di pasar tradisional. Sehingga dalam beberapa hari ke depan akan dilakukan pengecekan. Sebab akibat kenaikan harga ini masyarakat atau konsumen yang dirugikan.

Sementara berdasarkan keterangan yang dihimpun dari para pedagang, bahwa kenaikan harga daging ayam dan telor ini karena bandar ayam dan telur yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah menjual dengan harga yang tinggi. Sehingga akhirnya berdampak pada harga ke konsumen.

"Informasinya harga dari bandar sudah tinggi dan pakan ternak ayam juga melonjak, sehingga sangat berpengaruh pada harga daging ayam dan harga telor. Namun tetap hal itu akan kita pastikan dengan mendatangi agen," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dari informasi yang diterima dari para pedagang, saat ini harga daging ayam sudah menyentuh Rp38 ribu per kilogram hingga Rp40 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga telor naik menjadi Rp32 ribu per kilogram dari harga normal Rp27 ribu per kilogram.

"Satgas Pangan Polres Cimahi bakal melakukan pengecekan, nanti hasilnya seperti apa akan dilaporkan ke pimpinan untuk ditindaklanjuti," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)