Peringati Hari Terumbu Karang Sedunia, Pupuk Kaltim Gelar Aksi Terus Terang di Beras Basah

Selasa, 23 Mei 2023 - 16:41 WIB
loading...
Peringati Hari Terumbu Karang Sedunia, Pupuk Kaltim Gelar Aksi Terus Terang di Beras Basah
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui program Employee Voluntary Initiation (Evolution) gelar Aksi Tergerak Peduli Sampah dan Terumbu Karang (Terus Terang). (Ist)
A A A
BONTANG - Tingkatkan kontribusi terhadap lingkungan dan ekosistem perairan, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui program Employee Voluntary Initiation (Evolution) gelar Aksi Tergerak Peduli Sampah dan Terumbu Karang (Terus Terang). Kegiatan digelar dalam rangka peringatan Hari Terumbu Karang Sedunia Tahun 2023. Kegiatan berlangsung di Pulau Beras Basah, Bontang, Jumat (19/5/2023).

Pada kegiatan ini, Pupuk Kaltim melibatkan ratusan karyawan lintas unit kerja serta Persatuan Istri Karyawan Pupuk Kaltim (PIKA PKT) sebagai relawan aksi bersih sampah di Pulau Beras Basah.

Kegiatan dirangkai knowledge sharing terkait perbaikan ekosistem terumbu karang oleh binaan TJSL Perusahaan, hingga praktik transplantasi terumbu dan penurunan modul ke area transplantasi.

Hasilnya, sebanyak 191,8 Kilogram (Kg) sampah berbagai jenis berhasil dikumpulkan dan diserahkan ke Bank Sampah Kota Bontang, serta revitalisasi 100 unit terumbu jenis Acropora Cervicornis di kawasan perairan Beras Basah.

SVP Pengembangan Pupuk Kaltim Indardi, mengungkapkan kegiatan ini merupakan kesinambungan upaya Pupuk Kaltim dalam mengajak seluruh pihak untuk lebih peduli terhadap persoalan sampah, sekaligus mendukung pelestarian terumbu karang dan ekosistem perairan di Kota Bontang.

Hal ini mengingat persoalan sampah yang saat ini menjadi isu global sangat berdampak terhadap lingkungan, sehingga butuh kesinambungan upaya untuk menekan produksi sampah khususnya plastik.

Begitu pula dengan ekosistem terumbu, merupakan salah satu fokus Pupuk Kaltim dalam menjaga kondisi perairan yang sejauh ini terus ditingkatkan melalui aksi rehabilitasi melalui program konservasi secara berkelanjutan.

"Pencemaran laut oleh sampah akan berdampak terhadap kelangsungan hidup terumbu karang. Hal ini menjadi perhatian Pupuk Kaltim, agar kedepan tumbuh kesadaran bersama untuk senantiasa menjaga laut yang bebas dari sampah dengan ekosistem terumbu yang terjaga," ujar Indardi.

Kegiatan Terus Terang sengaja melibatkan karyawan Pupuk Kaltim sebagai relawan, guna mengasah kepekaan sosial insan perusahaan untuk turut memberi manfaat dengan turun langsung melakukan aksi nyata.

Dari program ini, kepedulian akan persoalan sampah dan ekosistem perairan khususnya terumbu, tidak hanya ditekankan Pupuk Kaltim kepada masyarakat umum, tapi juga dimulai dari kesadaran diri seluruh karyawan yang difasilitasi pada program Evolution.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)