Dulu Zona Merah, Kini Desa Waru di Sidoarjo Menjadi Zona Hijau Bebas COVID-19

Kamis, 23 Juli 2020 - 07:28 WIB
loading...
Dulu Zona Merah, Kini Desa Waru di Sidoarjo Menjadi Zona Hijau Bebas COVID-19
Satu persatu kluster penyebaran COVID-19 di Wilayah Sidoarjo kembali dibuka untuk umum seiring terus bertambahnya jumlah pasien positif yang sembuh di sejumlah rumah sakit rujukan di Sidoarjo. (Foto/Inews TV/Pramono Putra)
A A A
SIDOARJO - Satu persatu kluster penyebaran COVID-19 di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur kembali dibuka untuk umum seiring terus bertambahnya jumlah pasien positif yang sembuh di sejumlah rumah sakit rujukan di Sidoarjo.

Salah satu yang dibuka yakni Kluster Desa Waru, Kecamatan Waru-Sidoarjo yang kembali dibuka setelah 26 warganya yang terkonfirmasi positif COVID-19, kini negatif dan dinyatakan sembuh.

Jika sebelumnya Desa Waru yang menjadi klusterpertama di kota Sidoarjo akibat tingginya warga yang terkonfirmasi positif, namun kini telah menjadi daerah zona hijau karena bebas COVID-19. (BACA JUGA: Hari Ini Operasi Patuh Jaya Dimulai, Berikut Lima Poin Sasaran Razia Polisi)

Sejumlah rumah warga di Desa Waru yang sebelumnya diberi tanda isolasi mandiri karena penghuninya sedang melakukan isolasi mandiri, saat ini sudah tidak ada tanda isolasi mandiri di rumah warga.

Wakil Ketua Tim Penanganan COVID-19 Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji menegaskan, keberhasilan relawan dan petugas dalam menangani COVID-19 di Kluster Desa Waru sehingga menjadi desa zona hijau, tidak lepas dari kedisiplinan dan kerja sama dalam menjalankan Program Kampung Tangguh Semeru yang diberlakukan di desa tersebut.

Seluruh Satgas Kampung Tangguh berfungsi maksimal, sehingga bisa berpengaruh positif bagi penanganan Covid di Kluster Desa Waru. Selain itu semakin tingginya jumlah pasien positif yang sembuh disejumlah rumah sakit rujukan di Sidoarjo juga tidak lepas dari upaya tim medis melakukan upaya kuratif secara maksimal dengan menggunakan berbagai cara, baik melalui pengobatan Medis maupun herbal. (BACA JUGA: Durian dan Kelapa Turut Membuat Neraca Perdagangan Surplus)

“Kita Tim Penanganan Covid di Sidoarjo saat ini sedang melakukan upaya percepatan penyembuhan pasien Covid, dengan target segera merubah daerah zona merah covid menjadi zona hijau,” tegas Kombes Pol Sumardji, Wakil Ketua Tim Penanganan Covid Sidoarjo, Kamis (23/7/2020)

Sementara seiring kembali dibukanya Kluster Desa Waru untuk umum seiring tidak adanya lagi warga yang terpapar Covid, sejumlah warga mengaku lega dan tenang. “ Syukurlah Desa Kami telah bebas Covid. Terimakasih untuk Tim Kampung Tangguh Semeru yang selama ini membantu kami dalam penanganan Covid,” ujar Reni, salah satu warga Desa Waru.

Menurut Data Tim Penanganan Covid Sidoarjo, dengan angka kesembuhan pasien yang mencapai lebih dari 45 persen, membuat kota Sidoarjo kini berubah menjadi zona orange setelah sebelumnya zona merah penyebaran Covid di Jawa Timur.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)