Ratusan Bayi di Kota Blitar Mengidap Gizi Buruk

Kamis, 14 April 2016 - 18:47 WIB
Ratusan Bayi di Kota Blitar Mengidap Gizi Buruk
Ratusan Bayi di Kota Blitar Mengidap Gizi Buruk
A A A
BLITAR - Sebanyak 232 bayi dan anak-anak di Kota Blitar mengidap gizi buruk. Kasus kekurangan gizi yang tercatat bulan Januari-Maret 2016 ini jauh melebihi tahun 2015 yang hanya sembilan kasus.

“Dibanding tahun 2015 peningkatanya relatif drastis,“ ujar Kepala Bidang Peningkatan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Blitar Suprayogi, kepada wartawan, Kamis (14/4/2016).

Kasus tersebar merata di tiga kecamatan. Di Kecamatan Sananwetan petugas menemukan sebanyak 82 kasus, Kecamatan Sukorejo 105 kasus, dan Kecamatan Kepanjenkidul 45 kasus.

Pemicu peningkatan kasus gizi buruk, kata Suprayogi akibat banyak ibu yang melahirkan bayi prematur, yakni lahir sebelum waktunya. Selain itu, tidak sedikit bayi yang memiliki penyakit penyerta sejak lahir.

“Faktanya di lapangan memang demikian,“ terangnya.

Menurut Suprayogi, pihaknya tidak kurang melakukan sosialisasi kepada ibu hamil termasuk mengulurkan makanan bergizi untuk bayi. Dia mengakui, kali ini pihaknya telah kecolongan. Sebab lonjakan kasus itu faktanya memang drastis.

“Sebab selama tahun 2015 kasus gizi buruk hanya 6 kasus di Kecamatan Sukorejo, dan 3 kasus di Kecamatan Sananwetan,“ paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Blitar Totok Sugiarto meminta dinas terkait untuk segera mengambil langkah pencegahan. Sebab menurut dia Kota Blitar banyak memiliki program kesehatan.

“Karenanya tidak semestinya terjadi kasus gizi buruk yang begitu besar. Karenanya dinas harus segera mengambil langkah pencegahan,“ terangnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4335 seconds (0.1#10.140)