Majelis Taklim di Langkat Ikuti Pelatihan Khotbah Jumat

Selasa, 16 Mei 2023 - 07:28 WIB
loading...
Majelis Taklim di Langkat Ikuti Pelatihan Khotbah Jumat
Relawan Usbat Ganjar Sumut menggelar pelatihan cara menjadi khatib yang baik dan benar bersama jemaah Majelis Taklim Darul Mutaalimin, Kabupaten Langkat, Senin (15/5/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LANGKAT - Relawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar terus mensyiarkan Islam ke pelosok-pelosok Sumatera Utara (Sumut) dengan berbagai macam kegiatan positif. Kali ini, Usbat Ganjar menggelar pelatihan cara menjadi khatib yang baik dan benar bersama jemaah Majelis Taklim Darul Muta'alimin, Kabupaten Langkat.

Korda Usbat Ganjar Kabupaten Langkat Muhammad Rizki mengatakan, wilayahnya membutuhkan banyak sekali khatib untuk berkhotbah saat salat Jumat. Karena itu, pihaknya menghelat pelatihan tersebut agar makin banyak warga yang mampu menjadi khatib.

"Hari ini kami melaksanakan pelatihan khatib Jumat karena di daerah ini membutuhkan banyak khatib untuk salat Jumat," katanya di sela-sela pelatihan di Dusun VIII Tanjung Tiga, Desa Karang Gading, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Senin (15/6/2023).

Dalam pelatihan tersebut, Usbat Ganjar menyampaikan beberapa materi mulai rukun-rukun salat Jumat hingga cara menjadi khatib yang baik dan benar. "Materi tadi termasuk salah satunya rukun salat jumat dan bagaimana cara menjadi khatib jumat yang baik," ujarnya.

Ustaz Rizki menyatakan masyarakat di wilayah ini masih kurang memahami rukun dan syarat khotbah saat salat Jumat. "Kurangnya pemahaman para khatib jumat di desa kami bagaimana baiknya berkhotbah di kegiatan salat Jumat," ucapnya.

Dengan adanya pelatihan berkhotbah tersebut, warga bisa menjadi khatib yang baik dan benar. "Tujuannya, khatib di sini memahami rukun-rukun salat Jumat dan menjadi khatib yang baik dan benar seperti apa," jelasnya.

Selain itu, dengan mengetahui syarat dan rukun tersebut, ibadah Jumat para jemaah menjadi sah. "Kita tidak terlepas dari rukun yang diatur oleh syariat Islam sehingga rangkaian salat jumat kita menjadi sah," katanya.

Rizki mengatakan pihaknya berharap kegiatan positif yang diadakannya bisa menambah ilmu dan wawasan para jemaah di kabupaten ini. Selain itu, Usbat berkomitmen terus mendukung kegiatan Islami di Kabupaten Langkat.

Para jemaah yang hadir sangat antusias mengikuti pelatihan. Terbukti sekitar 100 peserta yang menyimak dengan baik kegiatan ini. Dalam kesempatan ini, Usbat Ganjar Sumut juga memberikan karpet dan sound system kepada Majelis Taklim Darul Muta'alimin.

Usbat Ganjar terus melakukan kegiatan positif yang bermanfaat bagi umat. Mereka berencana menghelat pelatihan bilal, pemahaman tentang najis, hingga mandi wajib yang benar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)