Hoaks Pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Selatan Yogyakarta, Ratusan Orang Kecewa

Senin, 15 Mei 2023 - 22:56 WIB
loading...
Hoaks Pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Selatan Yogyakarta, Ratusan Orang Kecewa
Tampak lokasi yang disebut akan menjadi tempat pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Selatan Yogyakarta, namun sayang hoaks hingga membuat ratusan orang yang datang kecewa. Foto: MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Ratusan orang datang ke Alun-alun Selatan Yogyakarta Senin (15/5/2023) siang terpaksa gigit jari. Mereka tertipu pengobatan Ida Dayak yang akan dilakukan di tempat itu namun ternyata hoaks.

Kedatangan mereka hendak mengikuti pengobatan gratis yang akan dilaksanakan oleh Ida Dayak. Namun setelah menunggu beberapa lama ternyata Ida Dayak tak kunjung hadir.

Kabar kehadiran Ida Dayak ke Jogja santer beredar di media sosial. Bahkan poster kegiatan terapis alternatif yang viral bisa menyembuhkan orang sakit tersebut ternyata hoaks.



Di dalam poster tersebut menyebut Ida Dayak akan melakukan prakteknya di Alun-alun Selatan pada Senin (15/5/2023). Ida bakal melakukan pengobatan di Alun-alun Selatan Yogyakarta untuk sepekan mendatang, dari tanggal 15 hingga 22 Mei 2023.



Istamar misalnya, dia datang bersama 9 anggota keluarganya jauh-jauh datang dari Kopeng, Magelang. Selain meninggalkan orang tuanya di rumah, dia datang memboyong keponakannya yang tidak bisa berjalan kaki.

" Harapannya kami bisa berobat ke Ida Dayak. Namun ternyata bohong,"ujar dia, Senin (15/5/2023).



Dia pun menyayangkan sosialisasi hoaks yang dilakukan aparat kurang mengena ke masyarakat. Seharusnya ada spanduk yang jelas dan mudah dibaca yang dipasang di tempat-tempat strategis. Sehingga siapa pun yang lewat bisa mengetahuinya dan membagikannya ke sosial media

"Lha ini setiap orang lewat nanya, nanti sebentar lewat lagi, nanya lagi," ketusnya.

Ritonga (53) warga Berbah yang ditemui di lokasi mengatakan, sejak pukul 4:00 WIB sudah ada yang datang mengantri. Mereka pun berasal dari berbagai daerah, bahkan ada yang mengaku datang dari Jakarta, Jambi dan Singapura.

Bahkan berdasarkan keterangan dari warga yang datang dari Singapura, ternyata yang bersangkutan sudah tiga hari lalu datang ke Jogja dan menginap di hotel dekat Alun-alun Selatan. Konon keluarga dari Singapura ada yang stroke.

Walau tidak sejak subuh, Ritonga pun sama. Dia datang ke Alun-alun Kidul (Selatan) untuk memastikan kehadiran Ida Dayak. Besar harapannya bisa mengobati anggota keluarganya yang stroke sekian lama.



"Tadi kesini mau memantau dulu, apakah benar, lalu syaratnya apa saja kemudian ikut mengantri. Eh ternyata gak benar. Nah tadi itu nggak cuman puluhan tapi ratusan yang datang mobil-mobil antre di sini sampai macet," imbuhnya.

Kapolsek Kraton Kompol Theresia Dwi Andriyanti mengatakan, informasi yang beredar di media sosial terkait Ida Dayak yang akan menggelar praktik dari tanggal 15 sampai 22 Mei 2023 di Alun-alun Kidul merupakan berita hoaks.

"Saya pastikan informasi pengobatan Ida Dayak pada 15 hingga 22 Mei 2023 adalah berita bohong," ucapnya.

Atas kejadian ini, Theresia meminta masyarakat pulang ke rumah masing-masing. Ia juga mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan selalu memastikan setiap menerima informasi yang beredar di media sosial.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)