Menteri Andalan Presiden, Erick Thohir Disebut Masuk Radar Kuat Cawapres Semua Parpol

Jum'at, 12 Mei 2023 - 15:41 WIB
loading...
Menteri Andalan Presiden, Erick Thohir Disebut Masuk Radar Kuat Cawapres Semua Parpol
Menteri BUMN Erick Thohir disebut masuk sebagai figur potensial yang layak diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. (Ist)
A A A
SURABAYA - Menteri BUMN Erick Thohir disebut masuk sebagai figur potensial yang layak diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Kinerja mentereng Erick Thohir membuat sosoknya menjadi andalan Presiden Jokowi.

Menurut Pengamat Politik Indo Barometer M. Qodari, Presiden Jokowi cukup memiliki peranan penting dalam penentuan kandidat pada Pilpres 2024 mendatang. Salah satunya mendorong Erick Thohir sebagai cawapres.

“Pak Jokowi ini akan berpengaruh terhadap peta koalisi yang ada, termasuk juga misalnya soal calon wakil presiden,” ujar Qodari dikutip dalam siniar channel You Tube MindTV Indonesia.

Kondisi demikian, dia menambahkan, terlihat pada sejumlah kesempatan Presiden Jokowi seringkali menyebut nama Erick Thohir di hadapan publik. Hal tersebut, menurut dia, menciptakan dampak positif terhadap Erick Thohir.

Dia menilai nama Erick Thohir akan semakin menguat jelang Pilpres 2024. Lebih dari itu, Ketua Umum PSSI ini, menjadi sosok yang mendapat pertimbangan serius oleh partai politik (parpol) untuk diusung cawapres.

“Misalnya ketika (Presiden Jokowi) ditanya siapa untuk cawapres, ya ada Erick Thohir,” ucap Qodari.

Kondisi tersebut, dia melanjutkan, semakin dikuatkan dengan raihan tinggi elektabilitas Erick Thohir dalam hasil rekaman lembaga survei. Erick Thohir menjadi sosok yang konsisten tempat daftar elektabilitas teratas.

Catatan hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan periode 11-17 April 2023 menunjukkan. Elektabilitas Erick Thohir konsisten alami kenaikan signifikan sejak beberapa bulan ke belakang.

Lonjakan elektabilitas sudah mulai terlihat sejak dari bulan Februari 17,5 persen menuju Maret sebesar 11,3 persen. Hingga kemudian melesat pada April sebesar 17,3 persen.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3266 seconds (0.1#10.140)