Kisah Candi Telih Jadi Pilihan Ken Arok untuk Melepas Rindu dengan Ken Umang

Jum'at, 12 Mei 2023 - 05:05 WIB
loading...
Kisah Candi Telih Jadi Pilihan Ken Arok untuk Melepas Rindu dengan Ken Umang
Penampakan Candi Telih lokasi yang menjadi pilihan Ken Arok untuk melepas rindo dengan Ken Umang istri pertamanya. Foto: Istimewa
A A A
Ken Arok lahir pada tahun 1182, dari pasangan Gajah Para dan Ken Ndok. Setelah melalui perjuangan panjang Ken Arok akhirnya berjaya, dia mendirikan Kerajaan Tumapel yang kemudian berganti nama Kerajaan Singasari dan menjadi raja pertama.

Di balik perjuangan merebut kekuasaan itu terdapat juga kisah asmara Ken Arok yang melibatkan dua sosok wanita cantik yakni, Ken Dedes dan Ken Umang.

Sebelum berhasil menaklukkan hati Ken Dedes yang tidak lain adalah istri atasannya Tunggul Ametung, ternyata Ken Arok telah memiliki istri pertama bernama Ken Umang yang dinikahinya saat masih bergerilya melawan Tumapel.


Kendati telah menikahi wanita cantik Ken Dedes, tampaknya rasa cinta Ken Arok kepada Ken Umang tak luntur dan masih tersimpan begitu dalam. Ken Arok bahkan sering menemui Ken Umang untuk melepas rindu dan bercinta di salah satu candi bernama Telih.

Dalam buku ‘Hitam Putih Ken Arok dari Kejayaan hingga Keruntuhan’ karya Muhammad Syamsuddin dikisahkan, Ken Arok sering mengunjungi Ken Umang tanpa sepengetahuan Ken Dedes.

Ken Arok sering mengunjungi Ken Umang di Candi Telih, yang berada di Dusun Sumbul, Desa Klampok, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.



Candi Telih memiliki ketinggian sekitar 2 metet dan lebar bangunan 2,5 meter. Di candi inilah keduanya sering bertemu. Ken Arok melepas rindu dan bercinta dengan Ken Umang istri pertamanya.

Dari hasil cinta Ken Arok dan Ken Umang berdasarkan Prasasti Mula Malurung tahun 1255, keduanya dianugerahi empat orang anak, yakni Tohjaya, Panji Sudatu, Tuan Wregola, dan Dewi Rambi.

Ken Umang pun tidak mempersoalkan jika akhirnya dia hanya menjadi istri selir dari Ken Arok meski yang pertama karena Umang menyadari berasal dari golongan sudra, yang berbeda kasta dengan Ken Dedes yang berasal dari kasta brahmana. Umang mengaku ikhlas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6540 seconds (0.1#10.140)
pixels