Terpeleset di Tebing, Wisatawan Asal Malaysia Tewas di Air Terjun Tumpak Sewu

Rabu, 10 Mei 2023 - 18:40 WIB
loading...
Terpeleset di Tebing, Wisatawan Asal Malaysia Tewas di Air Terjun Tumpak Sewu
Petugas mengevakuasi jenazah wisatawan asal Mayalsia, yang tewas usai terpeleset di area air terjun Tumpak Sewu. Foto/iNews TV/Yayan Nugroho
A A A
LUMAJANG - Joshepine Tham Sook Min (58) wisatawan asal Malaysia, tewas usai terpeleset di tebing area wisata air terjun Tumpak Sewu, Kabupaten Lumajang, Rabu (10/5/2023). Wisatawan asing berjenis kelamin perempuan itu, terjatuh saat menuruni tebing menuju area bawah air terjun.



Diduga, korban terjatuh lalu kepalanya terbentur tebing batu. Korban sempat dibawa ke Puskesmas Pronojiwo, lalu dievakuasi ke RSUD dr Haryoto Lumajang. Korban datang ke wisata air terjun Tumpak Sewu, bersama enam orang lainnya dengan didampingi seorang pemandu wisata.



Ketua Pokdarwis Tumpak Sewu, Abdul Karim mengatakan, saat kejadian para wisatawan tersebut sedang menuruni tebing. "Ada enam orang dari Malaysia dan Singapura, dengan diantarkan seorang pemandu wisata," tuturnya.



Kapolsek Pronojiwo, Iptu Wahono Pudji Santoso mengatakan, begitu mendengar ada wisatawan yang terjatuh langsung mendatangi lokasi, namun saat berada di lokasi korban sudah dievakuasi ke atas. "Saya sempat membantu proses evakuasi korban," ungkapnya.

Terpeleset di Tebing, Wisatawan Asal Malaysia Tewas di Air Terjun Tumpak Sewu


Santoso menambahkan, dari keterangan suami korban, kondisi korban sempat masih ada napas saat berada di bawah. Tetapi saat dievakuasi kondisinya sudah meninggal dunia. "Untuk kepentingan penyelidikan, kami lakukan penutupan sementara lokasi air terjun," tegasnya.



Rencananya jenazah korban akan langsung dipulangkan ke negara asal, setelah seluruh dokumen selesai. Selama ini pesona keindahan air terjun Tumpak Sewu, menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Lumajang, namun untuk menuju ke lokasi wisata jalurnya sangat ekstrem karena harus melintasi tebing-tebing curam dan licin.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)