Tim SMAN 2 Surabaya Juarai Kompetisi Robot Bawah Air Tingkat ASEAN

Rabu, 10 Mei 2023 - 13:46 WIB
loading...
Tim SMAN 2 Surabaya Juarai Kompetisi Robot Bawah Air Tingkat ASEAN
Tim SMA Negeri 2 Surabaya menjuarai kompetisi Marine Advance Technology Education remotely operated underwater vehicle (MATE ROV) tingkat ASEAN
A A A
SURABAYA - Tim dari SMA Negeri 2 Surabaya menjuarai kompetisi Marine Advance Technology Education remotely operated underwater vehicle (MATE ROV) atau robot bawah air ke-IV tingkat ASEAN yang digelar di Kolam Renang Tirtomoyo Manahan, Solo, Jawa Tengah.

SMAN 2 menang di kategori Ranger yang diwakili Ayman Nawwaf Alfina, Fazil Sabilarrasyad, Hernawan Santosa, Muhammad Thufail Addausy, Muhammad Rezqy Agung, dan Galih Putra Nugraha.

Para pelajar SMAN 2 tersebut berhak mewakili kategori Ranger yang berkompetisi di kancah internasional usai berhasil menyelesaikan demo misi dengan durasi kurang dari waktu ditentukan.

Terdapat tiga kategori yang dilombakan, yakni kategori scout tingkat SD, range untuk peserta pelajar umum baik SMP atau SMA/sederajat, serta explorer untuk tingkat mahasiswa.

Baca juga: Embarkasi Surabaya Terima 36.938 Jemaah dan Petugas Haji, Tertua Usia 119

Penanggung jawab kompetisi, Dhadhang SBW, menyampaikan bahwa, unsur penilaian kompetisi yang digelar 6-7 Mei tersebut meliputi, peserta terlebih dahulu mengirimkan technical report document, membuat poster, melakukan safety check, demo misi, dan presentasi.

"Terdapat sejumlah tokoh yang menjadi tim penilai, termasuk alumni MATE ROV Internasional. Ada beberapa dari akademisi Surabaya, UNS, Yogyakarta hingga Filipina," ujarnya, Rabu (10/5/2023).

Harapannya, kata dia, kompetisi ini bisa memacu minat pelajar dan mahasiswa menekuni rekayasa robotika, khususnya robot bawah air. Total sembilan peserta mengikuti kompetisi tersebut, yang rinciannya enam tim asal Indonesia dan sisanya dari Singapura.

"Para pemenang kompetisi, juga diharapkan bisa bersiap sebaik-baiknya untuk mengikuti kompetisi Internasional pada Juni 2023 di Amerika Serikat," ujarnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3326 seconds (0.1#10.140)