12 Unit Rumah Ambruk, Pengembang Diminta Hentikan Pembangunan Sementara

Rabu, 10 Mei 2023 - 01:12 WIB
loading...
12 Unit Rumah Ambruk, Pengembang Diminta Hentikan Pembangunan Sementara
Pihak pengembang perumahan di Kampung Bunisari RT 06/03, Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang, KBB, yang mengalami ambruk, diminta untuk menghentikan proses pembangunannya untuk sementara waktu. Foto/Dok.BPBD
A A A
BANDUNG BARAT - Sekretaris Daerah (Sekda), Kabupaten Bandung Barat (KBB), Ade Zakir meminta pihak pengembang perumahan menghentikan aktivitasnya. Hal itu terjadi pascaambruknya 12 rumah milik pengembang di Kampung Bunisari RT 06/03, Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang.

"Sebaiknya aktivitas pembangunan dihentikan dulu sementara selama proses assesment. Itu demi keamanan bersama juga," ucap Ade saat ditemui di Ngamprah, Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, itu juga sebagai bahan evaluasi ke depan, karena ini terkait dengan kekuatan bangunan dan kontruksinya. Jangan sampai nanti ketika sudah dihuni terjadi lagi dan bisa menyebabkan timbulnya korban jiwa. Oleh karenanya fungsi pengawasan ke depan akan lebih ditingkatkan lagi.

Misalnya, meskipun perizinannya di tingkat kabupaten tapi pihak kecamatan bisa ikut terlibat aktif dalam pengawasan, sehingga peran kecamatan yang akan coba didorong. Sehingga ketika di lapangan ditemukan hal yang tidak sesuai bisa cepat diluruskan.

"Insya Allah, terkait fungsi pengawasan ini ke depan akan lebih mengefektifkan lagi peran camat di kewilayahan," sambungnya.

Disinggung soal perizinan, Ade menyebutkan jika pembangunan perumahan tersebut sudah mengantongi izin. Adapun kejadian ini dugaan sementara karena faktor kelalaian. "Dugaan sementara mungkin karena ada faktor kelalaian, seperti pembangunannya yang tidak sesuai perencanaan atau kontruksinya tidak kuat," terangnya.

Kepala Dinas PUTR KBB, Muhammad Ridwan menyebutkan, ambruknya 12 rumah yang dalam proses pembangunan di komoleks perumahan elit itu diduga karena pondasi tidak sampai ke lapisan tanah keras. Atau bisa saja pada saat pematangan lahan tidak diawali dengan pembuatan saluran air sehingga ketika hujan air mengalir tidak ke satu jalur.

"Berbagai kemungkinan bisa terjadi, misalnya karena persoalan konstruksi, tapi itu perlu pembuktian di lapangan dan tentunya kami harus mengecek langsung," ujarnya.

Baca: Pembuangan ke Sarimukti Terkendala, Tumpukan Sampah Terjadi di Semua TPS.

Seperti diketahui sebanyak 12 unit bangunan rumah di Kompleks Pramestha, Kampung Bunisari RT 06/03 Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang, KBB, ambruk diterjang longsor, Minggu (7/5/2023).

Longsor terjadi secara bertahap mulai dari pukul 17.00 sampai dengan 19.15 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun ada kendaraan roda dua yang tertimbun.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)