Pembuangan ke Sarimukti Terkendala, Tumpukan Sampah Terjadi di Semua TPS

Rabu, 10 Mei 2023 - 00:26 WIB
loading...
Pembuangan ke Sarimukti Terkendala, Tumpukan Sampah Terjadi di Semua TPS
Sampah masih terlihat menumpuk di sejumlah TPS yang ada di Cimahi akibat terlambatnya pengangkutan, imbas dari terkendalanya pembuangan di TPA Sarimukti. Foto/Dok.MPI
A A A
CIAMAHI - Tumpukan sampah masih terlihat di sejumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada di Kota Cimahi. Sampah itu menunggu diangkut oleh armada truk ke pembuangan akhir di TPA Sarimukti yang ada di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Keterlambatan pengangkutan sampah rumah tangga dari permukiman di seluruh wilayah Kota Cimahi itu dikarenakan masih terkendalanya pembuanhan ke TPA Sarimukti. Bahkan kondisi tersebut sudah terjadi dalam beberapa pekan terakhir.

"Ada seminggu lebih pembuangan ke TPA Sarimukti terkendala. Makanya di semua TPS di Cimahi rata-rata sampah menumpuk," kata petugas TPS Pasar Atas Ujang (66), Selasa (9/5/2023).

Dikatakannya, terlambatnya pengangkutan sampah ke Sarimukti itu menyebabkan para pengendara motor pengangkut sampah dari permukiman terpaksa menginap di TPS. Sebab sampah belum terangkut ke truk sehingga mereka juga belum bisa narik sampah lagi.

"Jadinya banyak penarik motor sampah yang nginep di TPS. Nanti kalau truk sudah datang, sampah dinaikan, mereka narik lagi," sambungnya.

Salah satu pengendara motor sampah yang melayani pengangkutan sampah di wilayah Sangkuriang, Kota Cimahi, Jajang mengaku, sepekan ini dirinya sering mendapatkan keluhan dari warga karena keterlambatan pengangkutan sampah di lingkungan permukiman.

Baca: Wanita Paruh Baya di Madina Disiram Air Keras, Diduga Terkait Sengketa Lahan.

Mereka juga tidak mau mengerti kalau ada kendala pembuangan di TPA Sarimuktinya. Mungkin karena jika sampah sudah lama tidak diangkut menyebabkan bau yang kurang sedap buat lingkungan, sehingga berharap pengangkutan dan pembuangan bisa cepat dilakukan.

"Yang komplen sedah sering, tapi au gimana lagi, dijelasin soal kendalanya di Sarimukti, warha kadang gak mau tahu," terangnya.

Kondisi seperti ini, lanjut dia, sudah terjadi sejak malam takbiran. Akibatnya dia dan beberapa temannya ada yang menghabiskan malam takbiran di TPS menunggu sampah bisa diangkut ke TPA Sarimukti. "Ya terkadang nginep di sini, semoga saja bisa normal lagi jadi warga juga enggak komplen," imbuhnya. adi haryanto
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)