Jelang Tengah Malam Rumah Warga Ambruk, Suami Istri Terluka Tertimpa Material

Selasa, 09 Mei 2023 - 10:24 WIB
loading...
Jelang Tengah Malam Rumah Warga Ambruk, Suami Istri Terluka Tertimpa Material
Rumah Umin (68) di Kampung Cibatu RT 02/06, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, KBB, yang ambruk akibat hujan deras disertai angin kencang sehingga mengakibatkan dua penghuni terluka. Foto/Dok.BPBD
A A A
BANDUNG BARAT - Satu rumah di Kampung Cibatu RT 02/06, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ambruk dan rata dengan tanah.

Akibat kejadian tersebut dua penghuninya mengalami luka-luka akibat tertimpa material bangunan yang ambruk, dan harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Rumah warga yang ambruk adalah milik Umin (68) dan dihuni oleh dua kepala keluarga dengan total ada tujuh jiwa. Kejadian ambruknya rumah tersebut terjadi pada Senin (8/5/2023) sekitar pukul 23.30 WIB.

"Penyebab bencana ini karena hujan deras disertai angin kencang pada Senin malam. Kemudian kondisi bangunan rumah sudah tua," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Jarot Prasetyo didampingi petugas lapangan Suheri, Selasa (9/5/2023).

Baca juga: Hujan Deras di Lembang Robohkan 12 Rumah yang Sedang Dibangun

Pihaknya menerima laporan kejadian dari pihak Binmas dan Babinsa Desa Cilame dan telah menerjunkan personel ke lokasi untuk melakukan assesment. Untuk korban luka diketahui bernama Umin yang terluka di kepala dan Yayat terluka di kepala dan tangan.

"Untuk korban Pa Umin lukanya ringan, kalau Bu Yayat lukanya cukup berat karena tulang di bagian tangan ada yang retak" sambungnya.

Dikatakannya, pada saat kejadian korban Umin dan Yayat masih belum tidur dan sedang duduk di tengah rumah. Saat itu hujan masih turun meskipun relatif sudah mengecil. Tiba-tiba atap rumahnya roboh dan menimpanya beserta istri dan anaknya.

Diduga karena atap bangunan yang sudah rapuh terlebih sebelumnya hujan deras turun. Namun untuk kondisi anaknya tidak mengalami luka-luka, sehingga hanya Umin dan Yayat yang sempat dibawa ke Rumah Sakit Kharisma Cimareme untuk mendapatkan perawatan.

"Korban ditolong oleh tetangganya, karena saat kejadian terdengar suara gemuruh dan warga langsung mendatangi rumah korban yang saat itu ambruk karena tertimpa material bangunan," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3338 seconds (0.1#10.140)