Adopsi Anggrek Merapi Sementara Dihentikan

Kamis, 10 Maret 2016 - 04:13 WIB
Adopsi Anggrek Merapi Sementara Dihentikan
Adopsi Anggrek Merapi Sementara Dihentikan
A A A
SLEMAN - Adopsi anggrek Merapi untuk sementara dihentikan oleh Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Pasalnya dikhawatirkan tahun ini terjadi gangguan cuaca yang menyebabkan terhambatnya perkembangan tanaman.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) TNGM, Widya Kridaningsih mengatakan setelah dilakukan evaluasi beberapa waktu lalu, untuk melakukan adopsi dihentikan sementara.

"Tapi kalaupun ada yang berminat, boleh mendaftar terlebih dahulu. Nanti anggreknya akan dikembangkan musim hujan selanjutnya," katanya, Rabu (9/3/2016).

Dijelaskan, pada 2015 lalu sempat menjadi kekhawatiran Karena adanya gangguan cuaca berupa El Nino. Kemarau yang lebih panjang dibandingkan biasanya. "Kemarin kan ada El Nino, jadi kita lihat berpengaruh tidak terhadap anggrek yang telah diadopsi," sebutnya.

Namun ternyata anggrek-anggrek tersebut tetap bisa survive. Meski begitu, karena program ini baru berjalan satu tahun, pihaknya tidak mau terlalu banyak mengambil risiko.

"Kemungkinan kan ada gangguan berupa La Nina, kemarau lembab. Jangan sampai merusak perkembangan anggrek adopsi. Jadi sementara, dihentikan dulu. Setelah La Nina, baru dibuka kembali," ujarnya.

Adopsi anggrek yang diberi tiga pilihan, yaitu platinum, gold Dan silver itu pun nantinya akan sedikit diubah.

"Kalau untuk vanda tri color di kelas platinum, tidak diubah. Karena itukan anggrek endemik Merapi," katanya.

Hanya di kelas gold dan silver. Agar dana yang masuk untuk adopsi tidak sia-sia. "Nanti lebih ke anggrek yang sulit ditemukan. Agar memang bermanfaat lebih untuk perkembangan anggrek Merapi," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5452 seconds (0.1#10.140)