Relawan Espas Sandiaga Uno Gelar Pelatihan Kelola Biji Kopi

Minggu, 07 Mei 2023 - 19:39 WIB
loading...
Relawan Espas Sandiaga Uno Gelar Pelatihan Kelola Biji Kopi
Relawan Espas Sandiaga Uno Indonesia mengadakan pelatihan cara membuat olahan biji kopi menjadi kopi bubuk di Yogyakarta, Sabtu (6/5/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - Relawan Espas Sandiaga Uno Indonesia mengadakan pelatihan cara membuat olahan biji kopi menjadi kopi bubuk di Yogyakarta. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan keuntungan dalam menciptakan peluang usaha baru.

Peserta yang hadir sangat antusias tidak hanya dari emak-emak tapi juga kalangan milenial. Sebab mereka menginginkan bisnis baru di bidang kopi.

Ketua Umum Espas Sandiaga Uno, Dewi Herawati mengatakan pelatihan ini mengajarkan skill spesifik, seperti membuat kopi bubuk yang dicampur dengan kelapa dan perencanaan keuangan untuk usaha kopi. Sehingga para peserta mendapatkan ilmu bagaimana seharunya sikap seorang wirausaha baru dalam menjalankan bisnisnya.

"Kami mengadakan pelatihan bagaimana cara membuat olahan biji kopi menjadi kopi bubuk kekinian, karena peluang usaha di kopi saat ini luar biasa memiliki keuntungan. Sebagai penggemar kopi, terutama emak-emak yang masih mulai belajar dan tertarik dengan kopi ini bisa menjadi wirausaha baru di Yogyakarta," kata Dewi di Ekowisata Nologaten, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/5/2023).

Menurut dia kopi ngapak ini berbeda dari kopi lainnya, karena cara pembuatannya unik. Sebelum menjadi bubuk dicampur dengan kelapa dan beras, baru di shangrai melalui tanah liat.

Pada program ini Dewi bersama pihaknya mengajak emak-emak dan milenial menjadi penguasaha baru untuk meningkatkan UMKM Indonesia naik kelas. Dikarenakan setelah pelatihan mereka dapat menciptakan produk-produk inovasi.

"Pada kegiatan ini peserta pelatihan dapat menciptakan label nama produk dan inovasinya sendiri, sehingga mendatangkan keuntungan pengusaha baru. Ayo emak-emak dan milenial Jogja bergerak menjadi pengusaha baru, bangkit supaya UMKM Indonesia naik kelas," tutur Dewi.

Lebih lanjut, Dewi menegaskan Sandiaga Uno sosok motivator UMKM Indonesia, sehingga diusung menjadi pemimpin Indonesia pada 2024. Hal ini dinilai dari programnya yang mendorong para relawan untuk selalu hadir dan menguatkan pelaku ekonomi kreatif.

"Pak Sandiaga Uno merupakan motivator UMKM Indonesia kita ikuti arahan, karena beliau saling menguatkan jadi UMKM naik level dan Pak Sandi cocok menjadi pemimpin Indonesia di 2024," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan Elva, 28, menyampaikan beruntung mengikuti program yang diadakan oleh Espas. Ia juga mengakui akan memulai bisnis baru di bidang kopi dalam waktu dekat.

"Ini pelatihan yang memiliki keuntungan, karena tidak hanya dihadiri oleh emak-emak tetapi para milenial bisa ikut. Kami diajarkan dari sangrai kopi sampai menjadi minuman kekinian, ini ide bisnis baru untuk memulai usaha di bidang kopi," jelas Elva.

Elva mengucapkan terima kasih kepada Espas dan Sandiaga Uno yang selalu men-support UMKM, untuk terus berkembang dengan menghasilkan ide-ide baru.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Espass dan Pak Sandiaga Uno selalu support kita dan UMKM untuk terus maju dan berkembang," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)