5 Desa di Lamongan Terisolir Banjir Akibat Luapan Anak Bengawan Solo

Senin, 07 Maret 2016 - 09:18 WIB
5 Desa di Lamongan Terisolir Banjir Akibat Luapan Anak Bengawan Solo
5 Desa di Lamongan Terisolir Banjir Akibat Luapan Anak Bengawan Solo
A A A
LAMONGAN - Sebanyak lima desa di Kabupaten Lamongan terisolir akibat luapan anak Bengawan Solo sehingga warga dua desa kesulitan beraktivitas karena kendaraan roda dua dan roda empat sudah tidak lagi bisa melintas. Satu-satunya alat transportasi yang bisa digunakan hanya perahu.

Lima desa yang terisolir banjir antara lain Blajo, Tiwet, Gambuhan, Bojoasri di Kecamatan Kalitengah serta Desa Pomahan Janggan di Kecamatan Turi.

Menurut Supodo warga setempat, ketinggian banjir yang mencapai lebih dari setengah meter membuat warga terpaksa menggunakan perahu.

Namun perahu tidak bisa menjangkau tempat-tempat tertentu sehingga warga juga memilih untuk berjalan kaki saat melintasi jalan-jalan yang terendam banjir.

Supodo menegaskan, jika debit Bengawan Solo masih tinggi dipastikan banjir akan berlangsung lebih lama karena anak sungai Bengawan Solo tidak bisa membuang air dengan lancar. Pemerintah telah menyiapkan pompa dengan kapasitas besar untuk memompa air ke Bengawan Solo.

Namun saat ini upaya tersebut tidak maksimal karena sebagian pompa digunakan untuk menyedot banjir yang sudah 11 hari menggenangi Kecamatan Babat.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8730 seconds (0.1#10.140)