Pengamat Nilai 2 Bacaleg PDIP Dapil Sultra Berpeluang Lolos ke Senayan

Jum'at, 05 Mei 2023 - 06:33 WIB
loading...
Pengamat Nilai 2 Bacaleg PDIP Dapil Sultra Berpeluang Lolos ke Senayan
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah menetapkan enam nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk DPR-RI daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra). (Ist)
A A A
KENDARI - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah menetapkan enam nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk DPR-RI daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Keenam bacaleg tersebut, Hugua, Hasrat Haji Nabi, Wa Ode Farida Sylvia Djarudju, Ahmad Safei, Fatimah, dan Muh Fajar Hasan.

Keenam bacaleh DPR-RI yang ditetapkan oleh PDIP tersebut mendapat perhatian dari pengamat politik HM Najib Husain. Ia menilai ada konfigurasi menarik dari keenam nama tersebut. Menurutnya, PDIP sebagai partai yang sudah mapan berani mendorong figur bukan hanya dari tataran senior dan berpengalaman, melainkan juga dari kalangan muda.

"Kita harus mengapresiasi ini, karena PDIP sedang berupaya menciptakan regenerasi kader di Sultra, sehingga proses pengkaderan tidak terputus," kata Najib, dalam keterangan tertulis diterima Kamis (4/5/2023).

Najib melihat, dari enam figur calon anggota DPR-RI yang didorong oleh PDIP itu, terdapat dua nama yang menarik dan menjadi perhatian publik, yaitu Hugua dan Muh Fajar Hasan.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari ini menjelaskan, Hugua adalah incumbent yang memiliki banyak pengalaman. Selain saat ini masih menduduki kursi DPR-RI di Komisi II, Hugua juga pernah menjabat sebagai Bupati Wakatobi dua periode. "Sehingga menurut saya, peluang untuk bisa terpilih kembali, itu masih sangat besar," katanya.

Sementara Fajar Hasan merupakan figur baru yang dapat menjadi ruang terbuka bagi wajib pilih, terutama pemilih pemula untuk menitipkan harapan dan visi misi mereka kepada sosok Fajar Hasan.

"Menurut saya, Fajar sebagai tokoh pemuda yang belakangan ini aktif berorganisasi di level nasional akan menjadi kekuatan baru bagi PDIP. Apalagi, saya mengamati Fajar intens melakukan sosialisasi selama dua tahun terakhir," katanya.

Oleh karena itu, Ketua Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintah FISIP UHO Kendari ini mengatakan, dengan konfigurasi warna beragam di PDIP akan memberikan ruang atau peluang yang lebih besar bagi PDIP ke depan. Tidak menutup kemungkinan PDIP Sultra bisa mendapatkan dua kursi di DPR-RI.

Apalagi, lanjut Najib, dengan memanfaatkan efek pengusulan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon Presiden RI karena dengan memanfaatkan isu-isu pemilihan presiden akan memberikan pengaruh secara signifikan terhadap perolehan suara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)