Perlindungan Diri dengan Strategi Jaga Aset Pribadi

Selasa, 02 Mei 2023 - 00:31 WIB
loading...
Perlindungan Diri dengan Strategi Jaga Aset Pribadi
Dilansir dari AAUI yang melaporkan pencatatan premi industri asuransi umum dan reasuransi bahwa Industri asuransi umum mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 20,3%. (Ist)
A A A
BANTEN - Dilansir dari data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) yang melaporkan pencatatan premi industri asuransi umum dan reasuransi pada periode triwulan III tahun 2022, bahwa Industri asuransi umum mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 20,3%.

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mulai paham mengenai perlindungan diri terhadap risiko yang mungkin terjadi dikemudian hari.

Asuransi memainkan peran penting dalam memberikan keamanan finansial bagi pemiliknya, terutama pada saat darurat karena ketidakpastian dapat datang tanpa diduga.

Berinvestasi dalam asuransi berarti kita bijak dalam melakukan investasi kecil dari waktu ke waktu yang akan memberikan perlindungan dan ketenangan pikiran dalam menghadapi masa-masa sulit.

Bagi sebagian orang, membeli produk asuransi sama dengan membuang uang dengan percuma.

Namun kita perlu melihat dari sudut pandang yang lebih besar bahwa tidak memiliki asuransi yang tepat justru akan menimbulkan masalah besar dan cenderung harus mengeluarkan uang lebih lebih mahal.

Christian Putra, Marketing Director MPMInsurance menjelaskan bahwa memiliki asuransi sekarang ini, menjadi salah satu hal yang tidak boleh ditunda.

"Membeli asuransi adalah keputusan besar, oleh karena itu memilih perusahaan asuransi yang tepat itu sangatlah penting. Pastikan perusahaan asuransi yang Anda akan pilih memberikan kemudahan dalam bertransaksi dari proses membeli produk hingga proses klaim dan pastikan juga perusahaan asuransi yang Anda akan pilih memiliki rekam jejak yang baik serta memiliki reputasi yang dapat dipercaya dan yang terpenting juga stabilitas dalam keuangan," imbuhnya.

Stabilitas keuangan perusahaan asuransi menjadi faktor dalam keputusan memilih perusahaan asuransi, karena ini menunjukkan seberapa baik kinerja perusahaan di pasar yang lebih besar, dan apakah dapat diandalkan di masa depan. Perusahaan asuransi perlu memiliki aset agar dapat membayar klaim.

Untuk melakukan pemeringkatan, Fitch mengukur faktor yang dapat meningkatkan dan mempertahankan pemeringkatan yang positif dari perbaikan yang signifikan dan berkelanjutan dalam profil perusahan, dalam hal pangsa pasar dan diversifikasi lini bisnis dan saluran distribusi secara berkelanjutan, serta pertahananan kapitalisasi perusahaan yang kuat dengan RBC ratio secara konsisten berada di atas 350%.

Cara lain mengetahui secara keseluruhan tentang seberapa baik sebuah perusahaan asuransi dibandingkan dengan yang lain adalah dengan melihat peringkat industri umum atau laporan dari lembaga terkait dan relevan yang membandingkan perusahaan secara berdampingan atau berdasarkan kriteria yang sama.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3482 seconds (0.1#10.140)