1,5 Jam Sisir Lokasi Kebakaran Malang Plaza, Labfor Polda Jatim Bawa Abu dan Kabel

Kamis, 04 Mei 2023 - 14:38 WIB
loading...
1,5 Jam Sisir Lokasi Kebakaran Malang Plaza, Labfor Polda Jatim Bawa Abu dan Kabel
Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur akhirnya berhasil melakukan pemeriksaan di Malang Plaza usai kebakaran. SINDOnews/Avirista
A A A
MALANG - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur akhirnya berhasil melakukan pemeriksaan di Malang Plaza usai kebakaran . Pemeriksaan dilakukan sejak Kamis (4/5/2023) sekitar 09.50 WIB.

Pemeriksaan dilakukan di setiap bagian dari bangunan yang ada di mal yang ada di Jalan Agus Salim Kota Malang ini. Setiap titik yang diduga memiliki kerusakan parah di lantai satu, dua, dan tiga mal juga menjadi perhatian tim Labfor Polda Jatim.

Kurang lebih 1,5 jam pemeriksaan di lokasi kejadian berlangsung. Setelah selesai sejumlah orang dari tim Labfor membawa dua kantong sampel barang bukti dari lokasi kejadian berupa abu arang dan kabel.

Nantinya barang-barang itu akan diperiksa menggunakan alat bernama CMS untuk mengetahui lama durasi terbakarnya.

Kasubdit Fiskom Labfor Polda Jawa Timur Kombes Pol Joko Siswanto menyatakan, pemeriksaan memang dilakukan menyeluruh di bagian mal yang terbakar. Dari sanalah pihaknya akan mencoba menganalisa pola rambatan api.

"Barang-barang yang diduga jadi penyebab kebakaran akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di laboratorium. (Disisir) lantai satu, dua, tiga, yang mengalami kerusakan kita sisir, kita mencari pola perambatan api," ucap Joko Siswanto usai pemeriksaan di lokasi kejadian.

Hasil pemeriksaan dari barang-barang yang dibawa itu nantinya akan keluar sekitar sepekan sampai tujuh hari. Selanjutnya setelah keluar pihaknya akan menganalisa pola penyebab kebakaran dan menyerahkannya ke penyidik.

"Kabelnya sendiri kita uji untuk zimnya, terbakar dari luar atau dalam, baru akan ada kesimpulan kalau sekarang belum. (Proses pengujiannya) sampel itu diekstrak, diesktrak itu diinject dengan satu alat, nanti dibandingkan dengan satu dengan yang lain. Hasilnya akan dianalisa. (Hasilnya keluar) seminggu sampai 10 hari," ungkapnya.

Sejauh ini dikatakan Joko Siswanto, proses pemeriksaan di lokasi kejadian sudah selesai. Namun bila nanti ada sampel yang dibutuhkan kembali, tak menutup kemungkinan tim Labfor akan kembali ke lokasi.

Baca: Manajemen Malang Plaza Serahkan Penyelidikan ke Polisi, Bantah Ada Unsur Kesengajaan.

Khusus untuk kondisi bangunan, pihaknya tak bisa berkomentar lebih lanjut mengingat wewenang Labfor hanya mencari lokasi titik api dan penyebab kebakaran.

"Nanti kalau ada data yang kurang (kembali ke lokasi kejadian). Bukan bagian dari saya, labfor ke TKP cuma dua pertama mencari lokasi api pertama dan penyebab," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.2259 seconds (0.1#10.140)