Gabungan Ormas Siap Hadang Demontrasi Aliansi Mahasiswa Papua di Bali

Senin, 01 Mei 2023 - 14:23 WIB
loading...
Gabungan Ormas Siap Hadang Demontrasi Aliansi Mahasiswa Papua di Bali
Gabungan ormas siap menghadang demontrasi Aliansi Mahasiswa Papua di Bali.
A A A
DENPASAR - Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Bali berencana menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Konsulat Amerika Bali di Denpasar, Senin (1/5/2021). Aksi akan dihadang sejumlah ormas di Bali.

Sejumlah ormas yang siap berhadapan dengan AMP terdiri dari Patriot Garuda Nusantara (PGN) Bali, PGN Melanesia, Perguruan Sandi Murti, Anak Kolonk Bali dan Demi Anak Generasi (DAG) Bali.

"PGN bersama seluruh elemen masyarakat Bali yang tergabung dalam ormas se-Bali dan majelis desa adat Bali siap menegakkan kedaulatan NKRI dari kelompok pengganggu keamanan, ketentraman dan ketertiban seperti AMP," kata Ketua PGN Bali Daniar Tri Sasongko.

Dia menegaskan, penolakan harus dilakukan karena aksi AMP bertujuan memperingati 60 tahun pencaplokan bangsa West Papua ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) secara paksa atau aneksasi.

Baca juga: Warga Pandeglang Tangkap Buaya yang Sempat Terkam dan Seret Pemancing ke Sungai

Apalagi disebutkan aneksasi dilakukan secara ilegal dan cacat hukum pada 1 Mei 1963. Dalam aksi itu, AMP juga akan menuntut kemerdekaan Papua Barat.

"Dalam rangka aksi bela negara yang diamanatkan pasal 28 UUD 1945, maka PGN Bali menolak tegas aksi demontrasi AMP yang merongrong kedaulatan NKRI," tandas Daniar.

Ngurah Harta, Wakil Perguruan Sandi Murti mengatakan siap menghalau aksi AMP. "Apapun jika sudah mengganggu ketentraman Indonesia, kita turun," katanya.

Dia meminta Ormas yang akan menghadang aksi AMP mempersiapkan diri. Sebab, AMP kemungkinan akan menggunakan kekerasan seperti aksi sebelumnya.

Ngurah Harta juga meminta polisi segera bertindak. "Harusnya polisi tegas menangkap mereka. Sudah jelas mereka akan merongrong NKRI," tandasnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)