H+4 Arus Balik, 83 Ribu Kendaraan Pemudik Lewati Pantura Cirebon

Rabu, 26 April 2023 - 19:08 WIB
loading...
H+4 Arus Balik, 83 Ribu Kendaraan Pemudik Lewati Pantura Cirebon
Memasuki H+4 arus balik pascalibur lebaran Idul Fitri, sebanyak 83 ribu kendaraan pemudik dari arah Jawa menuju Jakarta melintasi Pantura Cirebon. SINDOnews/Rohman
A A A
CIREBON - Memasuki H+4 arus balik pascalibur lebaran Idul Fitri, sebanyak 83 ribu kendaraan pemudik dari arah Jawa menuju Jakarta melintasi Pantura Cirebon .

Pantauan di lapangan, iring-iringan kendaraan pemudik dari arah jawa menuju jakarta terpantau ramai padat di jalur arteri pantura Pemuda, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Total kendaraan pemudik yang melintasi pantura Cirebon sejak pukul 00.00 hingga 15.00 sore tadi tercatat sebanyak 83 ribu lebih.

Dari angka 83 ribu kendaraan baik roda dua maupun roda empat tersebut, sebanyak 72 ribu kendaraan roda dua, 8 ribu kendaraan mobil pribadi, 690 kendaraan angkutan umum kecil, 155 kendaraan angkutan umum besar. Sedangkan kendaraan angkutan barang kecil dan besar sebanyak 1155 kendaraan yang melintas di jalur arteri Pantura Kota Cirebon.

Kepadatan arus lalu-lintas pada H+4 ini, terjadi di dua jalur. Baik jalur arah Jakarta menuju Jawa, maupun sebaliknya arah Jawa menuju Jakarta. Hal itu, terjadi dampak dari diberlakukannya one way di jalan tol, yang dilakukan sejak pagi hingga malam nanti.

Tidak hanya itu, kepadatan ini juga terjadi, karena hari ini merupakan, hari pertama masuk kerja bagi warga lokal Kota Cirebon. Sehingga petugas harus melakukan rekayasa buka tutup secara manual bagi kendaraan warga lokal, guna mengurangi kepadatan.

"Kepadatan ini terjadi karena hari ini merupakan hari pertama masuk kerja. Sehingga terjadi penumpukan kendaraan di pantura Cirebon, "kata Iptu Rudiana, Selaku Kapos Pam Pemuda Kota Cirebon. Rabu (26/04/2023)

Untuk mengurangi kepadatan kendaraan, pihaknya melakukan rekayasa buka tutup secara manual bagi kendaraan warga lokal Cirebon yang hendak pulang ke rumahnya masing-masing.

"Untuk mengurai kepadatan, kami lakukan rekayasa arus lalu-lintas berupa buka tutup di simpang empat jalan pemuda untuk warga lokal Cirebon yang ingin pulang ke rumahnya," katanya.

Baca: Arus Balik Lebaran di Jalur Fungsional Tol Solo-Yogyakarta Dipadati Ribuan Kendaraan.

Sementara itu, Eko salah seorang pemudik dari Tegal dengan tujuan Jakarta mengatakan, ia dan keluarganya melakukan perjalanan balik hari ini, karena Kamis besok merupakan hari pertama masuk kerja.

"Alhamdulillah, selama perjalanan dari tegal hingga sampai di cirebon tidak terjebak macet. Mudah-mudahan bisa sampai ke jakarta tepat waktu, "katanya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2371 seconds (0.1#10.140)