Gempa Mentawai Bermagnitudo 7,3, Warga Panik Lari Berhamburan Sambil Gendong Anak

Selasa, 25 April 2023 - 05:22 WIB
loading...
Gempa Mentawai Bermagnitudo 7,3, Warga Panik Lari Berhamburan Sambil Gendong Anak
Gempa Mentawai membuat warga panik berhamburan menyelamatkan diri sambil menggendong anak. Foto/MPI/Rus Akbar
A A A
MADINA - Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M)7,3 mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Guncangan gempa terasa hingga kawasan Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara (Sumut).

Warga yang merasakan getaran gempa langsung panik berhamburan dari rumah sambil menggendong anak yang ketakutan pada Selasa (25/4/2023) sekitar pukul 03.00 WIB.


"Kami keluar rumah sambil gendong anak, takut rumah roboh soalnya gempanya sangat terasa sampai atap rumah berbunyi. Getaran bahkan lama lagi itu gempanya," kata Syairah Nasution (32) ibu rumah tangga warga Desa Panggorengan, Kecamatan Panyabungan, Madina, Sumut.

Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa Mentawai ini berpotensi tsunami 1 dan ada dua kabupaten lainnya yang diimbau tiga pesan yakni, Awas, Siaga dan Waspada.

"Peringatan Dini Tsunami untuk wilayah: SUMUT, Gempa Mag:7.3, 25-Apr-23 03:00:57 WIB, Lok:0.93 LS, 98.39 BT (177 km BaratLaut KEP-MENTAWAI-SUMBAR), Kedlmn:84 Km #BMKG." tulis BMKG

Warga Pulau Tana Laba di Kabupaten Nias Selatan, Sumut diberi peringatan dari BMKG diluar dar Kepulauan Mentawai, Sumbar.


Pemerintah provinsi/kab/kota yang berada pada status "Awas" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh.

Sementara pemerintah provinsi/kab/kota yang berada pada status "Siaga" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.

Sedangkan pemerintah provinsi/kab/kota yang berada pada status "Waspada" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Sementara untuk Madina hingga saat ini belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)