Pastikan Tempat Wisata Aman saat Libur Lebaran, Khofifah Minta Pengelola Cek Kondisi Wahana

Jum'at, 21 April 2023 - 13:31 WIB
loading...
Pastikan Tempat Wisata Aman saat Libur Lebaran, Khofifah Minta Pengelola Cek Kondisi Wahana
Ribuan warga diprediksi memadati sejumlah destinasi wisata yang ada di Jawa Timur (Jatim) selama libur lebaran. Baik itu wisata alam maupun wisata buatan. Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - Ribuan warga diprediksi memadati sejumlah destinasi wisata yang ada di Jawa Timur (Jatim) selama libur lebaran. Baik itu wisata alam maupun wisata buatan.

Untuk memastikan keamanan di tempat wisata, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menerbitkan surat edaran pada pengelola wisata di Jatim untuk melakukan pengecekan berkala pada wisata yang dikelolanya.



“Karena libur lebaran nanti wahana wisata akan dipadati pengunjung. Pastikan wahana wisatanya aman. Kita lakukan monitoring dan keamanan serta kenyamanan kita semua harus dilakukan secara komprehensif oleh kita semua,” katanya, Jumat (21/4/2023).

Khofifah sendiri mengajak warga untuk berwisata di Jatim selama periode libur lebaran 2023. Menurutnya, Jatim memiliki banyak destinasi wisata eksotik, kekinian dan instagramable.

"Pilihan wisata di Jatim lengkap, mulai dari wisata alam, wisata hits kekinian, budaya, sejarah, sampai kuliner yang tidak ada duanya. Jadi, ayo ke Jawa Timur," ungkapnya.

Menurut Khofifah, Jatim sangat tepat dijadikan tempat menghabiskan libur lebaran bersama keluarga. Sedikitnya Jatim memiliki 1.368 daya tarik wisata, yang terdiri dari 475 wisata alam, 550 wisata buatan, dan 343 wisata budaya.

Tidak hanya itu, kata dia, Jatim juga memiliki potensi destinasi 596 desa wisata yang siap menyambut pemudik untuk berlibur. Ditambah fasilitas sarana sebanyak 1.576 hotel, 7.889 rumah makan atau resto, 1.743 homestay dan 1.792 biro perjalanan wisata.
Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim tahun 2022, terdapat top 10 kunjungan wisatawan saat libur Lebaran diantaranya Telaga Sarangan Magetan, Kebun Binatang Surabaya, Pantai Balekambang Malang, Go Fun Bojonegoro,

Pantai Boom Banyuwangi, Pantai Klayar Pacitan, Taman Safari Pasuruan, Pantai Gemah Tulungagung, Pantai Watu Ulo Jember dan Jatim Park II Batu.” Ini adalah favoritnya wisatawan nusantara,” tandas Khofifah.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)