Ketua DPP Perindo Dukung Polri Terapkan Kebijakan Ganjil Genap saat Mudik Lebaran 2023

Kamis, 20 April 2023 - 14:27 WIB
loading...
Ketua DPP Perindo Dukung Polri Terapkan Kebijakan Ganjil Genap saat Mudik Lebaran 2023
Ketua DPP Perindo Bidang Sosial dan Kesejahteraan Rakyat, Yerry Tawalujan menyatakan dukungannya terhadap kebijakan ganjil genap yang diterapkan secara situasional yang dilakukan Korlantas Polri. Foto SINDOnews
A A A
BANDUNG - Ketua DPP Perindo Bidang Sosial dan Kesejahteraan Rakyat, Yerry Tawalujan menyatakan dukungannya terhadap kebijakan ganjil genap yang diterapkan secara situasional yang dilakukan Korlantas Polri. Kebijakan tersebut merupakan upaya untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di jalan tol saat arus mudik Lebaran 1444 Hijriah.



Menurutnya, kebijakan ini ditempuh oleh pihak Korlantas Polri untuk menjamin kelancaran arus mudik. "Memang ini sudah seharusnya ditempuh oleh pihak Korlantas Polri agar menjamin arus mudik berjalan lancar, " kata dia, Kamis (20/4/2023).

Yerry menyarankan, para pemudik memperhatikan nomor polisi kendaraannya sebelum mudik. Jika nomor polisi kendaraan bertepatan dengan ganjil genap, disarankan untuk menggunakan jalan tol. Namun, jika plat mobil bernomor genap dan berjalan di tanggal ganjil, maka pemudik harus mencari jalur alternatif di luar jalan tol.

Menurut Yerry Tawalujan, para pemudik sudah pasti tahu jalur alternatif di luar jalan tol yang dapat digunakan untuk menghindari aturan ganjil genap di jalan tol yang diterapkan oleh pihak Polri.

"Intinya, Partai Perindo mendukung kebijakan Korlantas Polri atau pihak Polri dalam menempuh berbagai kebijakan untuk memastikan arus mudik libur lebaran 2023 ini berlangsung lancar," jelas dia.

Menurut dia, Polri sendiri telah menyiapkan tiga instrumen untuk menjamin kelancaran arus mudik lebaran tahun 2023. Ketiga instrumen tersebut adalah pemberlakuan ganjil genap, contra flow, dan pemberlakuan satu arah.

Penerapan instrumen tersebut di lapangan, tergantung pada situasi dan kondisi lalu lintas di jalan. Dia menekankan, keselamatan para pemudik menjadi prioritas utama. Pemudik harus berhati-hati di jalan dan tidak mengemudikan kendaraan dalam keadaan mengantuk.

"Jika merasa mengantuk, para pemudik diharapkan beristirahat di rest area atau berhenti di tempat yang aman untuk meminimalkan risiko kecelakaan. Jangan terlalu fokus pada kecepatan. Pelan pelan asal selamat. Karena lebih penting tiba di tujuan dengan selamat daripada terburu-buru dan mengalami kecelakaan di jalan," jelas dia.

Yerry meminta masyarakat untuk mentaati peraturan lalu lintas dan menaati kebijakan yang diambil oleh pihak kepolisian selama dalam perjalanan mudik ke kampung halaman.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)