Suasana Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Salat Id Hari Ini

Kamis, 20 April 2023 - 10:15 WIB
loading...
Suasana Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Salat Id Hari Ini
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat, telah menggelar salat Idulfitri dan merayakan lebaran. Foto/MPI/Rus Akbar
A A A
PADANG - Penuh rasa syukur dan kekhusyukan, para jemaah Tarekat Naqsabandiyah, menggelar salat Idulfitri 1 Syawal 1444 H di Surau Baru, Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (20/4/2023). Sebelumnya, di Surau Baru ini, jemaah Tarekat Naqsabandiyah juga menggelar takbir, pada Rabu (19/4/2023) malam.



"Masuk 1 Syawal 1444 H hari ini, dengan memakai hisabul rukyat, dalil jima, dan kias kemudian kitab munjid. Setelah memakai metode itu maka puasanya lengkap 30 hari," ujar imam Surau Baru, Zahar, Kamis (20/4/2023).

Suasana Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Salat Id Hari Ini


"Hisab itu berdasarkan hari apa puasa tahun dahulu, rukyat atas kesepakatan kita bersama Tarekat Naqsabandiyah, dalil berdasarkan bulan 10 hari atau 15 hari kan tahu besarnya, sehingga diputuskan Idulfitri jatuh pada hari ini," imbuh Zahar.



Dalam salat Idulfitri tersebut, dipimpin oleh imam Zafril, yang diikuti oleh puluhan jamaah Naqsabandiyah. Sementara sebagai khatibnya, Zahar. Dalam khotbahnya, Zahar menggunakan bahasa Arab, serta berdiri memegang tongkat di tangan kanannya. "Telah puasa 30 hari, pembersihan tubuh jasmani dan rohani, dapatlah ridho dari Allah, itu intinya," katanya.

Suasana Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Salat Id Hari Ini


Tarekat Naqsabandiyah ini telah melakukan puasa sejak Selasa (21/3/2023), dan berakhir pada Kamis (20/4/2023). Dalam menentukan jatuhnya bulan puasa dan Idulfitri, dilakukan dengan melihat bulan pada subuh di ufuk timur. Tarekat mengikuti aliran dari Abu Bakar Siddiq, salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW.

Suasana Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Salat Id Hari Ini




Surau Baru ini merupakan salah satu pusat Tarekat Naqsabandiyah, untuk di Kota Padang ini ada 15 masjid dan musala yang berkiblat di Surau Baru, yang tersebar ada di wilayah Kecamatan Lubuk Kilangan, dan Pauh. Sedangkan di luar Kota Padang, ada dari Solok, Solok Selatan, dan Pesisir Selatan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)