Kapolri Prediksi Volume Kendaraan Mudik Lebaran Bertambah 50 Persen Lagi

Kamis, 20 April 2023 - 07:12 WIB
loading...
Kapolri Prediksi Volume Kendaraan Mudik Lebaran Bertambah 50 Persen Lagi
Situasi Lalu Lintas Tol Cipali di Km 72 Cikopo Purwalarta pada Rabu 19 April 2023 sore kemarin, yang dilakukan One Way sejak Selasa 18 April 2023. Foto SINDOnews
A A A
PURWAKARTA - Polri memprediksi pemudik yang akan melintas Tol Cikampek hingga Kalikangkung akan bertambah 50 persen sejak Rabu malam sampai dengan Kamis (20/4/2023) pagi. Peningkatan mulai terjadi sejak H-8 hingga H-4 Lebaran 2023.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut arus mudik pada lebaran 2023 mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan pada 2022 lalu. Arus mudik tahun ini kata dia, terjadi lonjakan yang luar biasa di banding tahun lalu.

"Terkait dengan kondisi terkini situasi lalu lintas sepanjang jalur dari mulai Tangerang masih terjadi adanya kepadatan, yang akan masuk ke wilayah Cikampek," kata Sigit di Kantor Jasa Marga, Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023) malam.

Dia mengatakan, sejak memasuki H-3 pagi sampai dengan tengah malam jumlah volume kendaraan jumlahnya sudah melebihi separuh dari jumlah kemarin di jam yang sama. Artinya ada prediksi akan lampaui jumlah puncak tertinggi. Baca juga: Warga Jaksel Mudik ke Brebes Pakai Motor Roda Tiga Beratap Terpal

Untuk mengatasi jumlah volume kendaraan yang terus meningkat, dia mengatakan bahwa rekayasa arus lalu lintas seperti one way dan contra flow tetap harus dilakukan. Namun, Sigit mengatakan, rekayasa lalu lintas itu harus sesuai dengan kondisi arus lalu lintas memang setiap waktu dapat berubah.

"Nanti akan diputuskan setelah ini. Sehingga kami ingin pastikan sisa 40 sampai dengan 50 persen yang akan gunakan jalur Tol Cikampek ke Kalikangkung betul-betul bisa kami alirkan sebaik mungkin. Tentunya dengan pertimbangan situasi. Karena memang H-3 dan H-2 ini tingkat arus lalu lintas yang mengalir diprediksi masih cukup tinggi," tutur Kapolri.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5000 seconds (0.1#10.140)