Gelar Coaching Tuberkulosis, Siloam Hospitals Gandeng Kemenkes dan USAID

Rabu, 19 April 2023 - 22:42 WIB
loading...
Gelar Coaching Tuberkulosis, Siloam Hospitals Gandeng Kemenkes dan USAID
Siloam Hospitals Lippo Village menggelar pelatihan coaching tuberkulosis bagi tenaga kesehatan. Kegiatan ini dilakukan Siloam Hospitals bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan USAID.siloam. Foto ist
A A A
TANGERANG - Siloam Hospitals Lippo Village menggelar pelatihan coaching tuberkulosis bagi tenaga kesehatan. Kegiatan ini dilakukan Siloam Hospitals bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan USAID.

Pelatihan yang pertama kali diadakan di Siloam Hospitals Lippo Village merupakan bagian dari Strategi Nasional Penanggulangan Tuberkulosis. Direktur Siloam Hospitals Grup, dr. Grace Frelita mengatakan, pelatihan dalam rangka penguatan optimalisasi akses layanan TBC yang bermutu.
Selain itu, lanjut dia, juga penguatan manajemen program melalui penguatan sistem kesehatan inilah yang dihadirkan melalui coaching klinik. "Diharapkan pelatihan coaching ini menjadi satu visi dalam sinergi antara pemerintah dan swasta", ungkap dr. Grace, Rabu (19/4/2023).

Secara global, diketahui Indonesia merupakan negara dengan estimasi beban kasus TBC terbesar kedua di dunia setelah India. Kemenkes menyatakan pada 2021/2022, berdasarkan Global TB Report, diestimasikan sebanyak 969.000 kasus TBC di Indonesia.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, target penanggulangan TB sebesar 260/100.000 jiwa disetiap wilayah pada 2022 dan 163/100.000 jiwa (Insidensi turun 50 persen) di tahun 2025.

"Dengan target penanganan yang besar tersebut tentu dibutuhkan konsistensi dan sinergi antarlembaga melalui tindakan dari Strategi Nasional Elimansi TBC berdasarkan Peraturan Presiden No.67 Tahun 2021 Tentang Penanggulangan Tuberkulosis," ujarnya.

Mengacu pada peta jalan dan strategi nasional eliminasi TB di Indonesia, lanjut dia, salah satunya melalui peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dan kualitas layanan yang bisa dilakukan melalui pelatihan coaching.

"Pelatihan ini dilakukan di Siloam Hospitals Lippo Village berdasarkan jaringan rumah sakit siloam yang luas dan komitmen yang diberikan," tutur dr Maxi Rein Rondonuwu.

Adapun dalam kerja sama peningkatan dan penguatan coaching klinik TB, Direktur Kantor Kesehatan dari USAID, dr Enilda Martin mengaku senang dapat turut serta mendukung dan membantu mewujudkan pengelolaan layanan Tuberkulosis yang terstandarisasi pun berkualitas

"Amerika Serikat sangat senang dapat bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Siloam Hospital Group dalam inisiatif Coaching TB untuk meningkatkan layanan tuberkulosis yang terstandarisasi dan berkualitas," kata dr Enilda.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6239 seconds (0.1#10.140)