Makan Ikan Bantuan Pemerintah, Ratusan Warga Pemalang Keracunan

Selasa, 21 Juli 2020 - 06:02 WIB
loading...
Makan Ikan Bantuan Pemerintah, Ratusan Warga Pemalang Keracunan
Ratusan warga Kecamatan Randudongkal, Pemalang, Jawa Tengah keracunan Makanan, Selasa (21/7/2020) dini hari. iNews TV/Suryonon
A A A
PEMALANG - Ratusan warga Kecamatan Randudongkal, Pemalang, Jawa Tengah keracunan Makanan, Selasa (21/7/2020) dini hari. Dugaan sementara, mereka keracunan ikan tongkol dari bantuan program keluarga harapan atau PKH pemerintah pusat.

Sejumlah warga yang menjadi korban keracunan kondisinya sangat memprihatinkan saat datang ke rumah sakit dan Puskesmas. Banyak di antaranya yang harus digotong dan dipapah karena lemas serta kesakitan.

Bantuan berupa lauk ikan segar jenis tongkol tersebut dibagikan, Senin (20/7/2020) siang. Warga yang menerima kemudian memasaknya dalam berbagai menu, ada yang di goreng, ditumis dan lainnya.

Setelah makan, mereka merasakan pusing, mual juga muntah- muntah, lemas. Bahkan ada yang pingsan.

Warga yang mengetahui ada kejadian ini lalu melakukan upaya pertolongan membawa seluruh korban ke Rumah Sakit Mardhatillah dan Puskesmas Randu Dongkal.

"Ikan tongkol tersebut rasanya biasa saja, tidak basi atau busuk. Namun setelah makan baru saya merasakan mual, pusing dan muntah serta diare," ujar Suratni, salah seorang korban keracunan. (Baca: Kejari Tahan Tersangka Korupsi Bank Salatiga).

Saat ini yang dirawat di Rumah Sakit Mardhatilah ada 20 orang dan di Puskesmas Randu Dongkal ada 30 orang. Puluhan lainnya masih menunggu diperiksa dan ada juga yang diperbolehkan pulang karena kondisinya membaik.

Belum ada keterangan resmi dari kepolisian mengenai kasus ini, karena masih konsentrasi upaya pertolongan para korban. Sejumlah sampel telah diambil dan kasusnya masih ditangani Polres Pemalang, Jawa Tengah.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)