Pelajar Tanam Pohon di Sepanjang Jalan Menuju Makam Gus Dur

Minggu, 10 Januari 2016 - 11:50 WIB
Pelajar Tanam Pohon di Sepanjang Jalan Menuju Makam Gus Dur
Pelajar Tanam Pohon di Sepanjang Jalan Menuju Makam Gus Dur
A A A
JOMBANG - Memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia yang jatuh pada hari ini, 10 Januari, puluhan pemuda dan pelajar di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengampanyekan gerakan menanam dan menyelamatkan pohon, Minggu (10/1/2016) pagi.

Selain melakukan penanaman pohon secara massal, mereka juga mencabuti poster-poster yang dipaku di pohon-pohon di sepanjang jalan raya.

Dengan membawa peralatan seadanya, puluhan warga bersama pemuda dan pelajar menggelar razia terhadap poster-poster yang dipasang di jalan raya Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Mereka geram karena di sepanjang jalan menuju makam Gus Dur, poster-poster reklame ini dipaku di pohon-pohon. Tindakan seperti ini, menurut mereka dapat merusak pohon-pohon di tepi jalan raya dan melanggar UU Lingkungan Hidup.

Padahal, pepohonan ini sudah memberi sumbangsih yang besar terhadap kita, di antaranya dengan menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia. Jika ditancapi paku-paku seperti ini, pohon-pohon tersebut bisa keropos dan mati.

Tak hanya mencabuti paku di pohon, para pemuda dan pelajar tersebut juga menanam ratusan bibit pohon di sepanjang jalan Desa Cukir, Kecamatan Diwek yang selama ini masih sangat gersang dan panas.

Dengan aksi ini, mereka berharap jalan raya Desa Cukir yang merupakan jalur utama menuju objek wisata religi makam Gus Dur bisa menjadi hijau, sejuk, dan nyaman.

Santi Ramadhani, aktivis Rumah Hijau berharap, dengan gerakan mencabuti paku dan menanam pohon ini, masyarakat menjadi sadar untuk tidak merusak tetapi giat menanam pohon.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6933 seconds (0.1#10.140)