Kemenhub Optimistis Tak Ada Antrean Panjang Truk di Pelabuhan Ciwandan

Senin, 17 April 2023 - 09:41 WIB
loading...
Kemenhub Optimistis Tak Ada Antrean Panjang Truk di Pelabuhan Ciwandan
Kementerian Perhubungan optimistis bahwa antrean truk yang terjadi pada, Sabtu malam (15/4) hingga 8 jam tidak akan terjadi lagi. (Ist)
A A A
CILEGON - Kementerian Perhubungan optimistis bahwa antrean truk yang terjadi pada, Sabtu malam (15/4) hingga 8 jam tidak akan terjadi lagi. Pasalnya, mulai hari ini pemerintah sudah mulai melakukan pembatasan terhadap pergerakan truk .

Pembatasan itu untuk truk bermuatan selain angkutan logistik makanan dan minuman, truk pengangkut BBM, bahan bakar gas (BBG), hewan ternak, pupuk, uang, bahan pokok, dan termasuk sayuran.

"Besok siang (hari ini) sudah ada pembatasan angkutan barang, saya yakin ke depan antrean truk itu sudah berkurang," kata Hendro saat konfrensi pers di Kantor Cabang ASDP Merak, Senin (17/4/2023).

AdapunHendro menjelaskan bahwa antrean truk hingga 8 jam di Pelabuhan Ciwandan pada Sabtu malam itu disebabkan adanya peningkatan jumlah truk yang melakukan penyeberangan melalui Pelabuhan Ciwandan hingga mencapai 60 persen.

"Hari ini kita evaluasi, kita identifikasi yang pertama itu adanya peningkatan pergerakan truk 60 persen, kedua yakni ada 1 kapal yang kurang, ketiga tugboatnya masih kurang," kata Hendro saat konferensi pers di Kantor ASDP Cabang Merak, Banten, Minggu (16/4/2023).

Kemudian keempat kata Hendro, yakni adanya keinginan para pengguna truk untuk berlabuh di Pelabuhan Bakauheni dibandingkan ke Pelabuhan Panjang sehingga menyebabkan antrean.

"Selanjutnya kelima yakni masih ada yang masuk ke Pelabuhan Ciwandan tapi tidak punya tiket dan keenam skrining boarding passnya itu setelah penumpang masuk baru masuk ada skrining," kata Hendro.

Adapun berdasarkan masalah tersebut, Hendro mengatakan akan ada penambahan tugboat menjadi 4 yang sebelumnya hanya 2 tugboat.

'Evaluasi kedua adalah bahwa untuk screening dipercepat dan ticketing akan ditambah sehingga dapat memperlancar arus kendaraan," kata Hendro.

Kemudian akan ada kebijakan pengalihan kendaraan truk jika salah satu dari dua pelabuhan utama di Pulomerak, yakni di Ciwandan dan Merak mengalami penumpukan kendaraan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)