Awas! Oro-oro Kesongo Masih Meletus, Semburkan Lumpur Panas Disertai Gas Beracun

Sabtu, 15 April 2023 - 20:36 WIB
loading...
Awas! Oro-oro Kesongo Masih Meletus, Semburkan Lumpur Panas Disertai Gas Beracun
Kawah Oro-oro Kesongo di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, masih meletus dan menyemburkan lumpur panas disertai gas. Foto/iNews TV/Heri Purnomo
A A A
BLORA - Letusan di kawah Oro-oro Kesongo di Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, masih sering terjadi. Letusan itu disertai dengan semburan lumpur panas, disertai dengan munculnya gas beracun.



BPBD Kabupaten Blora, meminta warga untuk waspada dan tidak mendekati kawah Oro-oro Kesongo, karena dikawatirkan dapat terpapar gas beracun. Petugas BPBD Kabupaten Blora, juga memasang tanda larangan mendekat di lokasi.



Terbaru, letusan terjadi Sabtu (15/4/2023) siang, sekitar pukul 11.00 WIB, dengan ketinggian 15 meter. Petugas BPBD Kabupaten Blora, bersama aparat kepolisian meminta warga yang berada di sekitar lokasi segera menjauh saat letusan terjadi.



Kepala BPBD Kabupaten Blora, Sri Wijanarsih mengatakan, warga diminta tidak beraktivitas dalam radius 2 km dari pusat letusan, karena sampai saat ini status kawah Oro-oro Kesongo masih aktif. "Setiap saat letusan masih bisa terjadi, sehingga warga dilarang mendekat," tegasnya.

Awas! Oro-oro Kesongo Masih Meletus, Semburkan Lumpur Panas Disertai Gas Beracun




Sejak letusan yang terjadi pada Selasa (11/4/2023) kawah Oro-oro Kesongo, sudah meletus sebanyak 10 kali. Akibat letusan pada Selasa (11/4/2023) tersebut, satu warga tewas, dan satu lagi dilarikan ke rumah sakit akibat menghirup gas beracun.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2426 seconds (0.1#10.140)